Sukses

Kurang Vitamin Ini Para Wanita Bakal Rentan Depresi

Sebagai seorang wanita muda, perhatikanlah asupan vitamin D bila tak ingin mengalami depresi

Liputan6.com, Jakarta Perempuan berusia muda rentan mengalami depresi ketika asupan vitamin D di dalam tubuhnya rendah. Memang, penyebab depresi sendiri sangatlah banyak, dan kekurangan vitamin D adalah bagian terkecilnya.

Untuk melakukan penelitian ini, sejumlah peneliti dari Oregon State merekrut 185 orang mahasiswi berusia 18 sampai 25 tahun. Dalam penelitiannya, mereka mengukur tingkatan vitamin D dari sampel darah dan peserta diminta untuk menyelesaikan survei mengenai gejala depresi setiap minggunya dalam lima minggu.

Peneliti menemukan bahwa lebih dari 75 persen peserta melaporkan terjadinya gejala depresi klinis yang signifikan setiap minggu selama penelitian. Dan penelitian ini sendiri telah dipublikasikan ke dalam jurnal Psychiatry Research.

David Kerr dari Oregon State University dan penulis utama dari sejumlah makalah yang telah diterbitkan ke dalam jurnal Psychiatry Research menjelaskan bahwa vitamin D merupakan nutrisi penting yang mempromosikan kesehatan tulang dan fungsi otot. Menurutnya, kekurangan vitamin D telah dikaitkan dengan fungsi kekebalan tubuh yang buruk, beberapa jenis kanker, dan penyakit tulang.

"Ketika kulit terkena sinar matahari, secara otomatis tubuh kita menghasilkan vitamin D. Selain itu, vitamin D pun bisa didapatkan melalui suplemen vitamin D dan secara alami juga dari makanan," kata David dikutip dari situs Health Me Up pada Senin (23/3/2015)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini