Sukses

Tak Perlu Takut dengan Kolesterol, Ada Manfaatnya Juga

Kolesterol yang selama ini dianggap menakutkan justru sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Liputan6.com, New Delhi - Bagaikan sesuatu yang menakutkan, sejumlah orang bergidik tiap kali mendengar kata `kolesterol`. Dalam bayangan mereka, kolesterol merupakan satu momok menakutkan bagi kesehatan manusia. Tak ubahnya barang haram, kolesterol pun harus dihindari sejauh mungkin.

Ahli Diet dari Hinduja Healtcare Surgical, Suchita Sanghvi, Sr menjelaskan bahwa kolesterol tak semengerikan yang dibayangkan, karena pada dasarnya tubuh pun membutuhkannya. Menurutnya, kolesterol dapat digunakan untuk menghasilkan hormon steroid, termasuk juga hormon seks; estrogen dan progesteron pada wanita dan testosteron pada pria.

"Hormon-hormon ini memicu perkembangan dari ciri-ciri fisik khas seorang wanita dan pria dewasa. Mereka juga berperan penting dalam proses reproduksi," kata Suchita.

Salah satu hormon steroid yang dihasilkan dari kolesterol; kortisol begitu dibutuhkan oleh tubuh yang berfungsi sebagai pengatur gula darah serta mempertahankan tubuh dari infeksi dan aldosteron, yang dapat mempertahankan garam dan air di dalam tubuh.

"Bahkan tubuh dapat menggunakan kolesterol untuk menghasilkan vitamin D dalam jumlah yang cukup besar," kata Suchita. Di mana vitamin D ini bertanggung jawab menghasilkan tulang dan gigi yang kuat, ketika kulit terpapar sinar matahari.

Untuk menghasilkan sistem pencernaan yang baik, terang Suchita, kolesterol pun digunakan untuk membuat empedu, cairan kehijauan yang diproduksi hati dan disimpan di dalam kantong empedu. Menurutnya, tubuh membutuhkan empedu untuk mencerna makanan yang mengandung lemak.

Selanjutnya, setelah lemak dicerna maka empedulah yang akan membantu tubuh untuk menyerapnya. "Kehadiran empedu dalam usus diperlukan sebelum kolesterol dapat diserap dari makanan," kata Suchita dikutip Health Me Up pada Senin (23/3/2015)

Lebih lanjut dia menerangkan bahwa tubuh pun membutuhkan empedu untuk menyerap vitamin A, D, E, dan K, vitamin yang larut dalam lemak yang berasal dari makanan atau suplemen.

Mengetahui betapa besarnya manfaat kolesterol bagi tubuh kita, Suchita menekankan, pada dasarnya kolesterol yang ada di dalam tubuh mampu memberikan pelindungan. Sebab, ketika jumlah kolesterol bertambah atau berkurang, sel-sel pun turut berpengaruh.

"Perubahan ini dapat memengaruhi kemampuan kita untuk metabolisme dan menghasilkan energi, yang pada akhirnya dapat memengaruhi aspel lain dari fungsi tubuh kita seperti asupan makanan dan pencernaan," kata Suchita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.