Sukses

Waspadai Perusak Gigi dan Pemicu Diabetes pada Anak

Asupan gula berlebih akan memperburuk kondisi kesehatan gigi anak. Apalagi jika tidak diimbangi dengan menggosok gigi secara rutin

Liputan6.com, Jakarta Asupan gula berlebih akan memperburuk kondisi kesehatan gigi anak. Apalagi jika tidak diimbangi dengan menggosok gigi secara rutin. Jadi, kadar gula berlebih akan melipatgandakan penyakit, kerusakan gigi dan diabetes militus (DM).

"Mulai sekarang, orangtua harus membatasi asupan gula anak-anaknya, karena gula merupakan sumber energi bagi bakteri di rongga mulut," kata drg. Ratu Mirah Afifah GCClinDent., MDSC dalam acara 'Waspadai Gula Sebagai Musuh Bersama Penyakit Gigi dan Diabetes Militus' di Hotel Neo+ Sentul City, Bogor, Jawa Barat, Kamis (19/3/2015).

Zat gula yang berada di rongga mulut, kata Mirah menjadi makanan bagi bakteri mulut yang akan diubah menjadi asam. "Asam inilah yang dapat merusak lapisan email gigi penyebab karies," kata Mirah.

Memang, makanan manis dan mengandung gula tinggi cenderung disukai anak. Namun, bila dikonsumsi hanya 10 sampai 20 persen dari total kalori per hari bisa menyebabkan defisiensi nutrisi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.