Sukses

Lakukan 2 Hal Ini Kala Mabuk Gara-gara Alkohol

Lakukan dua hal ini agar tubuh segera pulih dari mabuk alkohol.

Liputan6.com, New York Mengonsumsi minuman beralkohol melewati jumlah lebihi takaran akan membuat seseorang mengalami pusing, muntah hingga diare. Agar segera pulih dari kondisi mabuk alkohol Anda disarankan untuk melakukan beberapa hal.

Menurut ahli nutrisi yang mengajar di UNSW Australia, Rebecca Reynolds. Ph. D menenggak minuman beralkohol sebabkan tubuh dehidrasi alias kekurangan cairan dan membuat jumlah elektrolit dalam tubuh tidak seimbang.

"Mengonsumsi alkohol tingkatkan produksi urine dan juga tubuh biasanya akan kehilangan banyak cairan karena muntah, berkeringat dan diare," ujar Reynolds.

Tak cuma cairan tubuh yang hilang kala mabuk, ahli nutrisi Tracie Hyam juga menambahkan, bahwa konsumsi alkohol berlebih buat tubuh kehilangan vitamin dan mineral karena alkohol yang bersifat diuretik (meningkatkan laju urinasi). "Vitamin B, Vitamin C dan A, kalium, magnesium, zinc," rinci Hyam.

Jadi, menurut Reynolds untuk memulihkan tubuh dengan segera akibat mabuk alkohol kuncinya hidrasi dan istirahat . Seperti minum banyak air putih, makan buah jeruk dan pisang untuk mengganti kalium. Kemudian makan telur rebus dengan roti untuk mengurangi keparahan iritasi di perut. Jangan lupa tambahkan sedikit garam untuk membantu menggantikan sodium elektrolit yang hilang.

"Nutirisi yang tepat memang bisa mengurangi gejala tidak menyenangkan dari mabuk namun waktu adalah faktor utama rasa ini pergi. Mabuk alkohol biasanya akan mereda dalam waktu 8-24 jam," terang Reynolds seperti dilansir Buzzfeed, Kamis (19/3/2015)

Namun Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan cepat saji atau instan pasca mabuk alkhol. "Konsumsi daging kualitas baik, sayuran hijau, salad, avokad. Jangan lupa konsumsi kacang dan buah beri disertai banyak minum air putih," tambah Hyam.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini