Sukses

Cegah Insomnia dengan Teknik Akupresur

Insomnia atau sulit tidur dapat disembuhkan tanpa harus mengonsumsi obat, tapi dengan rutin melakukan akupresur

Liputan6.com, Jakarta - Ketimbang menelan obat ketika diserang insomnia (sulit tidur), sebaiknya cegah dengan rutin akupresur atau Anda dapat melakukan sendiri teknik akupresur di rumah.

Kepala Balai Kesehatan Tradisional Masyarakat (BKTM) Makassar, dr. Anna Khuzaimah, M. Kes menjelaskan akupresur merupakan pengobatan tradisional yang berasal dari Cina. "Yaitu dengan memberikan rangsangan penekanan atau pemijatan pada lokasi tertentu di tubuh manusia," kata Anna menjelaskan.

Baca juga : Cara Manjur Atasi Insomnia, Bukan dengan Obat


Biasanya, lanjut Anna, fisioterapis akan melakukan teknik akupresur menggunakan ujung jari, siku, atau menggunakan alat (kayu) yang tumpul dan tidak melukai permukaan kulit tubuh.

Menurut Rizal, salah seorang fisioterapis di BKTM Makassar, teknik akupresur memang banyak dipilih oleh mereka yang mengalami insomnia.

"Tidur itu sebenarnya pekerjaan mudah, tapi karena sejumlah faktor, terjadilah insomnia ini," kata Rizal kepada tim Health-Liputan6.com saat melakukan terapi akupresur di BKTM Makassar, Sulawesi, ditulis Jumat (13/3/2015)

Saat ditanyakan kepada Rizal mengapa akupresur dapat membantu seseorang terhindar dari insomnia, dia menjawab karena dengan teknik akupresur ini dapat melancarkan aliran energi vital pada seluruh bagian tubuh.

"Pijatnya itu di titik-titik tertentu. Kalau insomnia, pasti punya titik-titik tersendirinya," kata Rizal.

Baik Rizal maupun Anna mengatakan seseorang yang melakukan akupresur secara rutin, tidak hanya terhindar dari insomnia saja, tapi sejumlah kondisi tidak mengenakkan lainnya.

Baca juga : Ampuhkah Yoga Atasi Insomnia?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.