Sukses

Manfaat Vitamin D

foto: maangchi.com

Liputan6.com, Jakarta Ahli kesehatan sering menyarankan, sebaiknya bangun 10-15 menit lebih awal, dan berjemur. Jangan gunakan sunscreen. Nantinya, tubuh kita akan memproduksi ribuan unit zat vitamin D. Bahkan melalui kaca jendela.

Sayangnya, generasi ini menganggap matahari merupakan musuh. Apalagi orang-orang Asia yang takut kulitnya bertambah gelap. Sayang sekali, karena menurut theadvertisers.com, Senin (9/3/2015), vitamin D punya manfaat seperti menambah daya tahan dan mengurangi rasa letih dan memperkuat tulang. Sayangnya, vitamin ini cepat menurun kadarnya dalam tubuh kita.

Menurut Vitamin D Council, waktu yang dibutuhkan untuk mendapat vitamin D yang cukup bervariasi secara lokasi geografis dan jenis kulit seseorang. Orang dengan kulit fair (seperti ras kulit putih) butuh terkena sinar matahari selama 15 menit. Sedangkan untuk kulit yang lebih gelap membutuhkan waktu yang lebih lama. Kadar vitamin D yang dibutuhkan seseorang dalam sehari adalah 10.000 sampai 25.000 IU.

Selain itu, makanan-makanan dengan kadar vitamin D tinggi adalah:

1. Ikan dengan kandungan lemak baik seperti tuna, mackarel dan salmon.

2. Makanan yang diproses dengan vitamin D seperti produk susu, orange juice, susu kedelai dan sereal.

3. Keju.

4. Kuning telur.

5. Oyster.

6. Sayuran hijau.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.