Sukses

Makanan Ini Bantu Sehatkan Paru-paru

Konsumsi makanan sehat mampu sehatkan paru-paru.

Liputan6.com, New York- Anda ingin paru-paru jauh lebih sehat? Pastikan sudah tidak merokok dan konsumsi makanan sehat. Menurut penelitian di Prancis, mengonsumsi makanan sehat dapat mengurangi terkena penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

Sebanyak 120 ribu orang terlibat dalam penelitian ini, mereka melaporkan makanan yang mereka konsumsi sepanjang tahun. Mereka yang mengonsumsi pola makan berkualitas seperti kacang-kacangan, sayuran hijau, kacang dan lemak omega-3 cenderung lebih rendah 33 persen terkena penyakit PPOK dibandingka mereka yang hobi makan makanan berlemak, kaya gula dan garam.

Dilansir dari Men's Health, Minggu (8/3/2015) PPOK merupakan penyakit penyebab kematian nomor tiga di seluruh dunia. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang sering menimpa perokok. Hal ini sebabkan peradangan pada saluran udara pada paru-paru yang membuat penderitanya sulit bernapas.

Meski tak diketahui pasti bagaimana hubungan antara diet sehat dan menurunnya terkena penyakit ini, peneliti memperkirakan hal ini disebabkan karena senyawa antiinflamsi dalam makanan tersebut.

"Bisa jadi antioksidan yang banyak dalam makanan sehat tersebut bisa melindungi paru-paru dari racun yang ada di sekitar," terang penulis studi, Raphaëlle Varraso, PhD.

Oleh karena itu untuk meningkatkan kesehatan paru-paru, berdasarkan penelitian ini Varraso mengingatkan untuk rutin mengonsumsi aneka makanan sehat seperti makan buah aneka warna, daging dengan tinggi protein rendah lemak, dan biji-bijian. Serta batasi konsumsi minuman manis, daging olahan.

 

Baca Juga:

Vaksin Penyembuh Kanker Paru-Paru Ditemukan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini