Sukses

Lagi, Terungkap Manfaat Lain Diet Mediterania

Selain baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung, diet Mediterania pun bisa buat hidup jauh dari stres dan depresi.

Liputan6.com, London Sudah banyak para pakar kesehatan yang menyetui bahwa diet Mediterania merupakan salah satu metode diet yang sehat karena dapat mengurangi risiko aneka penyakit jantung hingga membuat hidup lebih lama. Baru-baru ini peneliti kembali mengetahui manfaat diet yang berasal dari kawasan Mediterania ini buat hidup jadi lebih bahagia jauh dari depresi.
 
Sebuah studi dari University of South Australia sebutkan bahwa mereka yang telah menjalani diet Mediterania lebih bahagia, kurang stres dan merasakan peningkatan kualitas hidup dibandingkan yang tidak menerapkan pola diet ini.
 
"Ada korelasi yang signifikan antara diet Mediterania dengan penyakit mental," tutur salah satu peneliti, dr Natalie Parletta.
 
Hal ini disebabkan karena kandungan omega-3, yakni asam lemak yang terdapat dalam salah satu makanan yang dihidangkan bagi mereka yang menjalani diet mediterania yakni ikan memainkan peran penting dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan mental seperti dilansir dari laman Daily Mail pada Minggu (8/3/2015).
 
Diet Mediterania, selain mengonsumsi ikan yang dilengkapi dengan aneka sumber nabati lain seperti sayur, kacang-kacangan, buah-buahan, biji-bijian, minyak zaitun, dan anggur merah. Di luar itu, asupannya sangat rendah seperti makanan olahan, karbohidrat olahan, daging merah, permen dan cokelat.
 
Hal ini membuat, asupan nutrisi lain kaya Vitamin B, Vitamin D, lemak sehat dan antioksidan yang semuanya penting menjaga fungsi otak dan menjaga kesehatan mental.
 
Baca Juga:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini