Sukses

Anak Harus Dapatkan Tidur Malam Berkualitas

Seorang anak harus memiliki tidur yang berkualitas di malam hari

Liputan6.com, Jakarta - Anak harus memiliki tidur malam berkualitas. Untuk mendapatkan itu, usahakan ketika tidur di siang hari tidak lebih dari satu jam.

Sejumlah pakar percaya bahwa seorang anak berusia 1 dan 2 tahun membutuhkan waktu tidur selama 11 sampai 14 jam dalam kurun waktu 24 jam. Saat si anak berusia 18 bulan, mereka menganjurkan agar orangtua menidurkan anaknya di siang hari hanya sekali dan hanya boleh satu jam saja.

Selama beberapa tahun, penelitian yang dipimpin oleh Karen Thorpe dari Quuensland University of Technology di Australia  ingin melihat bagaimana tidur siang memperburuk kualitas tidur seorang anak terutama balita di malam hari.

Selain itu, mereka pun ingin melihat bahwa tidur siang yang berlebihan dapat memengaruhi perilaku, kemampuan mental, dan kesehatan fisik seorang anak.

Namun yang pasti, ketika seorang anak terlalu lama tidur di siang hari, anak jadi uring-uringan ketika masuk waktu tidur di malam hari.

Maka itu, seperti dikutip Health Me Up pada Senin (23/2/2015), Karen memberitahukan bagaimana cara membantu anak mendapatkan tidur yang lebih baik, dan penelitian ini telah dimasukkan ke dalam jurnal Archives of Disease in Childhood.

1. Pertahankan jadwal tidur yang teratur dan rutinitas tidur yang konsisten
2. Pastikan lingkungan tidur yang sama setiap malam
3. Tetapkan batas yang konsisten dan wajib
4. Berikan anak Anda satu objek yang aman seperti selimut dan boneka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.