Sukses

Batita Perlu Tidur Siang atau Tidak?

Studi menunjukkan, tidur siang tidak menunjukkan manfaat bagi perkembangan dan kesehatan anak.

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang memiliki buah hati usia dua tahun ke atas, berapa lama biasanya waktu yang dihabiskan untuk tidur siang? Jangan biarkan ia tidur terlalu lama pada siang hari, karene studi menunjukkan tidur siang di atas usia ini bisa membuat kesulitan tidur di malam hari.

Para ahli anak mengatakan bahwa anak-anak usia 1 dan 2 tahun membutuhkan waktu tidur 11-14 jam per harinya. Namun saat usianya mencapai 18 bulan dianjurkan tidur siang hanya sekali selama satu jam.

"Tidur malam memberi manfaat positif pada perkembangan dan kesehatan anak, namun tidur siang terlalu lama tidak diketahui dampaknya," terang peneliti dari University of Technology di Australia, Karen Thorpe seperti dilansir Health me Up, Senin (23/2/2015).

Lalu, dilakukan penelitian terhadap 781 partisipan yang mencari tahu hubungan pola tidur siang dan pola tidur malam pada bayi hingga anak-anak usia lima tahun. Ternyata tidak diketahui hubungan antaras tidur siang terhadap kesehatan secara keseluruhan, perilaku, pertumbuhan anak. 

"Bukti menunjukkan bahwa tidur siang pada anak di atas dua tahun malah membuat mereka lebih lama tidur pada malam harinya. Hal ini malah akan memengaruhi kualitas dan durasi tidur," terang Thorpe.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini