Sukses

Bahaya Duduk Sambil Menyilangkan Kaki bagi Perempuan

Duduk silangkan kaki terjadi begitu saja. Tapi, tak banyak yang tahu kalau posisi duduk seperti itu mengancam jiwa

Liputan6.com, London Duduk dengan posisi kaki disilangkan cukup umum terjadi. Pada perempuan, posisi duduk ini terjadi secara natural dan umum. Padahal gaya duduk seperti ini memberi tekanan yang cukup signifikan pada punggung bagian bawah.

Fisioterapis dari National Health Service (NHS) di London, Nick Sinfield, mengatakan, ketika perempuan duduk dengan posisi kaki yang disilangkan bisa berakibat pangkal paha (hip) melipat ke dalam yang membuat perempuan sulit duduk dalam keadaan tegak dan berujung pada posisi duduk membungkuk.

"Seiring waktu, risiko ketidakseimbangan otot yang dapat menyebabkan kekakuan pinggul dan punggung bawah bisa terjadi," kata Nick dikutip dari situs Daily Mail pada Senin (23/2/2015)

Agar para perempuan dapat duduk dengan benar, Nick menyarankan agar memanjangkan bagian atas leher sambil menarik dagu dengan cara lembut.

"Tarik otot perut lebih rendah untuk menjaga kurva alami di punggung bagian bawah," kata dia. "Bawa bahu kembali ke tulang belakang, dan pastikan bahwa punggung bawah nyaman didukung oleh kursi tempat duduk," kata Nick menambahkan.

Jika duduk di depan komputer, terang Nick, mata harus searah dengan bagian atas layar komputer Anda, dan lengan harus berada dalam posisi horisontal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.