Sukses

Jangan Remehkan Bau Kentut, Diprediksi Bisa Atasi Alzheimer

Kandungan hidrogen sulfida yang dihasilkan kentut malah bermanfaat bagi sejumlah penyakit berat.

Liputan6.com, London Jangan remehkan bau telur busuk yang dihasilkan gas yang dikeluarkan tubuh dari dubur alias kentut. Para ilmuwan menyatakan bahwa bau menyengat tak sedap ini diperkirakan bisa membantu mengatasi masalah serius seperti penyakit jantung, diabetes hingga Alzheimer lho.

Kentut merupakan gas yang dihasilkan kala perut kembung yang mengandung hidrogen sulffida jumlah kecil. Jika jumlahnya besar, akan sangat beracun.

Nah, para peneliti mengklaim jika dosis hidrogen sulfida tepat, gas ini malah berfungsi sangat baik dalam membantu mengatasi diabetes, stroke, serangan jantung hingga demensia.

Profesor Matt Whiteman, dari University of Exeter Medical School menjelaskan bahwa gas ini bisa mengurangi kerusakan sel yang bertanggung jawab dalam penyakit tertentu seperti dilansir Independent, Senin (16/2/2015).

Whitemen menjelaskan gas hidrogen sulfida yang diproduksi manusia dalam jumlah kecil dalam proses pencernaan pada sel mitokondria. lmuwan menemukan paparan dalam jumlah kecil dari gas tersebut bisa mencegah kerusakan mitokondria.

"Meskipun hidrogen sulfida dikenal sebagai tajam, gas berbau seperti telur busuk akibat perut kembung. Namun gas ini diproduksi secara alami diproduksi tubuh danmenjadi pahlawan kesehatan dengan implikasi yang signifikan untuk terapi masa depan untuk berbagai penyakit," terang salah satu peneliti dari University of Exeter, Mark Wood.

Kini, Whiteman dan Wood sedang mencoba melakukan penelitian kembali untuk menguji hal ini benar-benar bisa membantu manusia mengatasi masalah. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.