Sukses

7 Cara Alami Perangi Kekeringan di Vagina

Sejumlah wanita ada yang mengalami kekeringan vagina. Anda bisa melawannya dengan cara alami ini.

Liputan6.com, New Delhi Organ reproduksi wanita terkenal dengan kelembabannya. Tapi, sejumlah wanita ada yang mengalami kekeringan vagina dan ini menjadi masalah yang sangat tak nyaman.

Kebanyakan wanita yang mengalaminya tak memiliki tanda-tanda di permukaan vagina. Namun, kekeringan vagina bisa merusak keharmonisan, kehidupan seksual, dan membatasi keintiman fisik sekaligus meningkatkan infeksi dan alergi.

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memerangi kekeringan vagina secara alami sepertri dilansir Healthsite, Kamis (12/2/2015).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Alami 1-3


1. Makanan yang kaya asam lemak

Beberapa penelitian telah menunjukkan makanan yang kaya asam lemak omega-3 membantu penyembuhan sindrom mata kering. Studi ini tampaknya tidak ada hubungannya dengan cairan vagina, tetapi beberapa ahli percaya jika makanan ini membantu dalam produksi air mata, mereka juga bisa memicu rangsangan pada area vagina dan menyebabkan pelumasan alami.

Jadi, pastikan Anda memasukkan ikan dalam diet Anda serta labu, biji wijen, biji bunga matahari untuk memerangi kekeringan di sana.

2. Rutin konsumsi probiotik

Probiotik sering disebut baikteri baik dan sehat yang membantu menjaga keseimbangan pH di dalam rongga vagina.
Lactobacilli, hadir dalam dadih dan produk susu yang berbeda, dikelompokkan dalam probiotik.

Penelitian telah menunjukkan rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan probiotik membantu melawan infeksi vagina di pra-menopause dan wanita pasca-menopause, serta meningkatkan sekresi vagina untuk menjaga daerah dilumasi dengan baik secara alami.

3. Minum vitamin

Vitamin atau makanan yang kaya vitamin tidak hanya membantu membuat kulit Anda bersinar, tetapi juga membantu menjaga kesehatan vagina dan meningkatkan kehidupan seks Anda.

Vitamin A, E dan C dapat melawan kekeringan vagina. Ada juga supositoria vagina yang tersedia di pasar yang mengandung ekstrak vitamin A dan E.

Namun, jika Anda tak ingin mengonsumsinya, cobalah makanan yang kaya vitamin  seperti wortel, labu, ubi jalar, dan sayuran hijau yang merupakan sumber vitamin A. Konsumsi kacang tanah, almond, biji bunga matahari dan makan lebih banyak bayam untuk mendapatkan dosis vitamin E dari makanan.

Ingatlah untuk melawan kekeringan vagina, Anda perlu menyertakan sekitar 500 sampai 1000 mg vitamin C dalam diet Anda. Makanlah buah-buahan seperti jeruk, limau manis, berries untuk jantung Anda.

3 dari 3 halaman

Cara Alami 4-7


4. Gunakan pelumas alami

Sekarang ada sejumlah pelumas buatan yang bisa Anda temukan di pasaran. Namun, banyak wanita yang mungkin sensitif terhadap bahan kimia atau mengembangkan alergi.

Cara yang aman adalah dengan menggunakan minyak yang kompatibel. Seperti Zaitun dan minyak kelapa diyakini sebagai minyak terbaik yang bisa memberikan pelumasan tanpa banyak rewel.

Minyak zaitun tinggi dalam skualan, komponen yang ditemukan dalam sebum manusia dan menembus melalui kulit dengan mudah.

Di sisi lain, minyak kelapa memiliki titik leleh yang rendah dan bekerja dengan cara yang sama seperti minyak zaitun.

Bagian yang menyedihkan tentang menggunakan minyak adalah bahwa mereka tidak cocok dengan kondom lateks dan dapat menyebabkan luka. Dalam kasus apapun, hentikan penggunaan petroleum jelly atau gliserin sebagai pengganti minyak.

5. Hindari merokok dan minum alkohol

Ingat tembakau dan alkohol bisa merusak usaha Anda berdua dalam membangun pelumasan. Merokok membebani tubuh Anda dengan racun yang menghalangi oksigen dan menghambat peredaran darah.

Alkohol adalah diuretik dan memiliki efek pengeringan pada vagina. Untuk alasan yang sama, Anda juga perlu mengurangi konsumsi kafein.

6.Minum banyak air

Selain membilas racun dari tubuh Anda, air juga membantu untuk menjaga lapisan mukosa Anda tetap dibasahi, termasuk rongga vagina Anda.  Kurangnya air bisa menyebabkan dehidrasi dan kekeringan di vagina.

7. Jauhi mencuci vagina

Terlalu sering mencuci vagina meski dengan tujuan menjaga kesehatan dan kebersihan, kadang-kadang itu bisa merusak.

Bahan kimia dalam produk bisa mengubah keseimbangan pH alami di daerah vagina dan menyebabkan kekeringan vagina. Cara terbaik membersihkan vagina adalah dengan membuat larutan encer baking soda dengan air hangat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.