Sukses

Tips Atasi Jerawat di Ketiak

Tak hanya muncul di wajah, pada beberapa kasus jerawat juga dapat muncul di ketiak.

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya muncul di wajah, pada beberapa kasus jerawat juga dapat muncul di ketiak. Biasanya, jerawat ini disebabkan oleh dua hal, kerena bulu tumbuh ke dalam dan cara bercukur yang salah.

Masalahnya, jerawat ini mengganggu karena bakteri menyumbat kulit sehingga menyebabkan infeksi dalam pori-pori. Tak jarang, efek samping deodoran akan menyebabkan kondisi kulit yang disebut dermatitis.

Daripada bingung mengobati jerawat ketiak, lebih baik segera antisipasi dengan beberapa cara yang diungkap oleh Boldsky, Rabu (11/2/2015) berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1-2

1. Mencukur

Cukurlah bulu ketiak hanya ke arah pertumbuhan rambut dan tidak sebaliknya. Sebelum Anda mulai mencukur, coba usapkan air hangat dengan campuran garam yang dibiarkan selama 10 menit untuk melembutkan bulu ketiak Anda. Teknik ini akan membantu mengurangi gesekan saat Anda mencukur daerah ketiak.

Selain itu, ingatlah untuk menggunakan pisau cukur bersih dan tajam. Di sisi lain, jangan tekan pisau cukur yang sangat keras pada kulit. Pastikan juga untuk menggunakan pisau cukur terpisah untuk kaki dan ketiak.

2. Gunakan gel lidah buaya

Jika kulit Anda teriritasi dan merah, hindari mencukur dan waxing. Sebaliknya, cobalah menerapkan gel lidah buaya untuk menenangkan kulit meradang. Anda juga dapat menggunakan krim hidrokortison untuk mengatasi iritasi.

3 dari 3 halaman

3-4


3. Gunakan baking soda

Jika setelah mencukur, Anda mengalami kemerahan pada kulit, pastikan untuk menerapkan retinoid topikal, antibiotik atau kortikosteroid. Jika sulit menemukannya, cobalah untuk mencampur baking soda dengan air hingga menjadi pasta kental.

Gunakan pasta ini di daerah ketiak dan biarkan tetap pada kulit selama 15 menit. Kemudian cuci dengan air dingin. Cara ini efektif untuk mengurangi iritasi dan mencegah jerawat pada ketiak.

4 Gunakan deodorant alami

Jika Anda mencari deodoran alami, maka cobalah menerapkan minyak kelapa pada ketiak Anda. Cobalah untuk memijat daerah ketiak dengan beberapa tetes minyak kelapa. Biarkan selama 5 sampai 10 menit dan kemudian mencucinya dengan sabun dan biarkan ketiak kering sama sekali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini