Sukses

Bakteri di ASI Bantu Bayi Cerna Makanan Padat

Bakteri yang ditransfer melalui ASI ini penting buat bayi, sehingga lebih siap mencerna makanan padat di kemudian ini.

Liputan6.com, New Delhi- Air Susu Ibu (ASI) memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Di samping itu, bakteri yang  di ASI ini ternyata bagus buat pencernaan bayi.

Bakteri yang ditransfer melalui ASI ini penting buat bayi, sehingga lebih siap mencerna makanan padat di kemudian ini. Sehingga, bayi yang kehilangan masa menyusui lebih cenderung mengalami sakit perut dan kolik.

Dalam penelitian ditemukan, komposisi, keragaman, dan stabilitas microbiome usus anak sangat dipengaruhi oleh polamakan selama beberapa bulan pertama.

"Kami menemukan bayi yang diberi ASI memiliki komunitas mikroba yang tampaknya lebih siap untuk pengenalan makanan padat," kata ndrea Azcarate-Peril dari University of North Carolina School of Medicine dan salah satu penulis penelitian seperti dilansir Healthsite, Senin (9/2/2015).

Untuk penelitian, tim mengumpulkan contoh tinja dan informasi diet serta kesehatan sembilan bayi saat berusia 2 minggu hingga 14 bulan.

Hasilnya, selama beberapa bulan pertama kehidupan, ada perbedaan yang jelas antara microbiome bayi yang mendapatkan ASI ekslusif dibandingkan yang susu formula dan ASI.

"Studi ini memberikan lebih banyak lagi dukungan untuk rekomendasi oleh Organisasi Kesehatan Dunia dan lain-lain untuk menyusui secara eksklusif selama enam bulan pertama kehidupan," tambah penulis Amanda Thompson.

Penelitian ini dipublikasikan dalam Jurnal Frontiers in Cellular and Infection Microbiology.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini