Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Rutin Hubungan Intim, Kanker Prostat Pergi

Bagaimana cara agar seorang pria terhindar dari kanker prostat? Daripada minum obat, lebih baik rutin berhubungan seksual

Liputan6.com, Jakarta Pria yang sudah memiliki seorang istri, seharusnya tak perlu takut lagi akan risiko mengalami kanker prostat. Bila mereka berhubungan seksual secara teratur, mereka terhindar dari kanker yang menduduki peringkat ke-3 paling umum. 

Peneliti percaya bahwa pria yang paling aktif secara seksual, kecil kemungkinan untuk tertular penyakit yang berpotensi fatal. Berhubung pada kebanyakan kasus tidak ada gejala yang terlihat, kanker prostat pun begitu ditakuti dan berusaha untuk dihindari oleh kebanyakan pria.

Sebelum mengeluarkan pendapatnya ini, para peneliti dari Boston terlebih dahulu melakukan satu studi yang melibatkan hampir 30.000 pria berusia 46 dan 81 tahun. Ketika itu, para pria ditanya mengenai ejakulasi yang mereka rasakan ketika berusia 20, 40, dan sebelum tahun 1991.

Dari hasil yang telah diterbitkan di Journal of American Medical Association pada 2012, sebanyak 1.449 orang mengembangkan kanker prostat delapan tahun kemudian, terlebih bagi mereka yang hanya memiliki 4 sampai 7 ejakulasi per bulan.

Melansir Daily Mail, Rabu (4/2/2015), peneliti juga melaporkan tidak ada peningkatan risiko kanker prostat pada pria yang mengaku sering kali melakukan itu. Apalagi bila mereka memiliki 13 sampai 20 kali ejakulasi akan mampu mengurangi risiko mengidap kanker prostat hingga 14 sampai 33 persen.

Pemimpin penelitian yang berasal dari Cancer Institute, Dr Michael Leitzmann, berpikir bahwa kegiatan semacam itu berefek memberikan perlindungan karena prostat mengeluarkan sebagian besar cairan dalam air manis. Dan berhubungan seksual dapat membuang bahan kimia penyebab kanker.

Namun, lanjut dia, dibutuhkan penelitian lebih lanjut. Sebab, terlalu dini menyarankan seorang pria untuk mengubah kebiasaan seksualnya agar terhindar dari risiko kanker prostat.

Alasan lainnya adalah bahwa pada penelitian sebelumnya ditemukan bahwa pria yang terlalu sering ejakulasi rentan terhadap kanker. Tapi kelihatannya ini semua dikarenakan sejumlah infeksi seksual yang dapat memicu penyakit, bukan tindakan itu sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.