Sukses

Cara Unik Sekolah di Tiongkok Cegah Rabun Jauh pada Anak

Cara unik yang dilakukan salah satu sekolah Tiongkok untuk mencegah anak muridnya terkena myopia atau rabun jauh.

Liputan6.com, Hubei Ada cara unik yang dilakukan salah satu sekolah Tiongkok untuk mencegah anak muridnya terkena myopia atau rabun jauh. Cara tersebut adalah dengan memasangkan teralis besi yang membatasi antara meja dengan kepala anak murid.

Seperti terlihat pada foto di bawah ini, teralis tersebut berfungsi untuk memberikan jarak aman bagi mata anak untuk melihat objek, dalam hal ini buku, baik saat menulis ataupun membaca. Adapun alat ini sendiri disediakan oleh organisasi Wuhan Youth Poor Eyesight Prevention Center.

Sekolah yang menerapkan metode ini adalah SD Wuhan Xinzhou di Xinzhou Street, Hubei, Tiongkok. Seluruh siswa di sekolah ini tinggal di asrama karena orangtua mereka tinggal di tempat yang jauh. 

"Alat ini digunakan untuk membantu murid membentuk kebiasaan yang tepat, yaitu agar membaca dan menulis tidak terlalu dekat," kata Kepala Sekolah Zhang Jianming seperti yang dikutip dari ChinaSmack, Selasa (3/2/2015).

Rabun jauh atau myopia adalah kondisi dimana mata tidak bisa atau sulit melihat objek yang relatif jauh dengan jelas. Hal ini dapat terjadi karena bayangan cahaya pantulan objek jatuh di depan retina.

Meskipun rabun jauh dapat diturunkan berdasarkan genetis dan ras, tetapi penyakit ini juga dapat terjadi karena kebiasaan yang buruk. Beberapa kebiasaan tersebut adalah melihat objek dengan jarak yang dekat secara terus menerus dan membaca sambil tiduran atau di tempat yang kurang cahaya. Karena itu, menghindari rabun jauh juga efektif dengan kebiasaan yang benar. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.