Sukses

Para Penggemar Telur Lebih Dermawan

Sebuah penelitian mengungkapkan, orang yang makan telur dua kali lebih banyak menyumbang uang

Liputan6.com, London - Percayakah Anda, orang yang makan telur bisa jadi dermawan? Sebuah penelitian mengungkapkan, orang yang makan telur dua kali lebih banyak menyumbang uang. Lantas apa rahasianya?

Psikolog dari Leiden University di Belanda mengatakan, senyawa yang ada di dalam telur bisa membuat orang murah hati. Telur dan makanan lain seperti ikan dan susu memang kaya Tryptophan, asam amino yang diubah tubuh menjadi serotonin yang membuat perasaan lebih baik.

Pada penelitian relawan yang mengonsumsi sebagian kecil tryptophan, yang setara dalam tiga telur menyumbang lebih banyak uang.

"Untuk pertama kalinya, kami menyelidiki apakah senyawa yang terkandung dalam makanan seperti ikan, telur, kedelai, dan susu dapat meningkatkan beramal," tulis Psikolog dalam Psychology journal seperti dilansir Mailonline, Selasa (3/2/2015).

Menurut peneliti, inilah pertama kalinya yang mengungkapkan sumbangan bisa ditingkatkan dengan makanan yang berhubungan serotonin.

Percobaan

Para penulis melakukan percobaan pada 32 pria dan wanita, setengah diberi tepung yang mengandung 0,8 gram TRP, dan yang lainnya diberi bubuk plasebo yang tidak berbahaya.

Kemudian setiap peserta diberikan US$11,25 dan bertanya apakah mereka bersedia menyumbang. Ada empat kotak yang tersedia yakni Unicef, Amnesty International, Greenpeace, dan World Wildlife Fund.

Ketika psikolog menghitung pemasukan, mereka menemukan bahwa peserta yang diberi tepung dengan TRP rata-rata menyumbangkan US$1,15, sementara mereka yang menerima plasebo menyumbang setengahnya.

Para peneliti menunjukkan kedekatan area otak yang berhubungan dengan serotonin dan oksitosin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.