Sukses

Wanita Gemuk 5 Kali Lipat Berisiko Lahirkan Bayi Gemuk

Wanita gemuk ternyata berisiko lima kali lipat melahirkan bayi gemuk

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian di Inggris menemukan kembali dampak berbahaya pada wanita obesitas. Sebab wanita gemuk ternyata berisiko lima kali lipat melahirkan bayi gemuk yang ketika dewasa berisiko mengidap penyakit kardiovaskuler dan kronis lainnya.

Seperti diberitakan Dailymail, Senin (2/2/2015), para peneliti di University of Southampton mnegungkap, wanita yang kegemukan memiliki risiko 4,65 kali memiliki anak kelebihan berat badan.

Mereka yang memiliki faktor risiko gaya hidup yang dimaksud peneliti, termasuk  obesitas sebelum hamil, kadar vitamin D yang rendah, merokok selama kehamilan, kelebihan berat badan selama kehamilan, dan gagal menyusui selama lebih dari satu bulan. Hal ini bisa menyebabkan anak setidaknya memiliki 47 persen massa lemak lebih banyak.

Pemimpin studi, Profesor Sian Robinson mengatakan, hampir setengah dari wanita usia subur saat ini mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Dan mirisnya, lebih dari 15 persen dari wanita hamil dianggap berbahaya karena kelebihan berat badan.

Diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, penelitian ini didasarkan pada data dari 991 anak-anak dan ibu-ibu yang ikut dalam Survey Southampton.

Penulis studi, Profesor Cyrus Cooper sendiri mengungkapkan bagaimana temuan ini memiliki implikasi penting bagi kebijakan pencegahan obesitas dan merancang intervensi anak dalam mengoptimalkan komposisi tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.