Sukses

Orang dengan Epilepsi Harus Rutin Jalani Pengobatan 2 Tahun

Agar ODE tidak pernah merasa bosan dalam mengonsumsi obat anti-epilepsi, berikan dukungan dan yakini mereka.

Liputan6.com, Jakarta Orang dengan epilepsi (ODE) diharuskan mengonsumsi obat anti-epilepsi selama dua tahun dan dilakukan secara rutin. Agar ODE tidak pernah merasa bosan dalam mengonsumsi obat anti-epilepsi, berikan dukungan dan yakini mereka bahwa kondisi yang dialaminya itu cepat berakhir.

"Ini semua dilakukan agar ODE memiliki kualitas hidup yang baik," kata dr. Fitri Octaviana Sumantri, SpS(K), M. Pd. Ked, Dalam seminar media 'Unmask Epilepsy: Terapi yang Tepat Akan Mengurangi Gejala Kekambuhan' di Double Tree Hotel by Hilton, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (29/1/2015)

Neurolog Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), menjelaskan, bangkitan epilepsi harus dapat terkontrol. Jika terjadi kekambuhan maka harus dicari dengan meneliti faktor pemicunya yang berbeda pada masing-masing ODE.

"Misalnya, pada wanita yang berakitan dengan perkembangan fisiologis sekudernya, yaitu pada masa pubertas, menstruasi (epilepsi katamenial), pada masa kehamilan, persalinan, menyusui, menopause, masa penggunaan kontrasepsi serta masa terapi sulih hormon," kata dia. "Di samping itu, harus dilihat apakah pasien patuh terhadap pengobatan, karena hal ini menjadi sangat penting guna mengontrol serangan epilepsi," kata dr. Fitri menambahkan.

Lebih lanjut Fitri menjelaskan, prinsip pengobatan anti-epilepsi pada ODE sama dengan pengobatan diabetes dan hipertensi. Bila diabetesi tidak teratur dalam mengonsumsi obat diabetes, maka gula darahnya akan naik. Sedangkan pengidap hipertensi yang 'bandel', tekanan darahnya tinggi.

"Bedanya, epilepsi ini nyata. Kalau hipertensi kan tidak terlihat, ditanya apakah seseorang hipertensi atau tidak, nggak bakal ngaku," kata dia menekankan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini