Sukses

Yang Harus Diperhatikan Agar Tidur Anak Berkualitas

Beginilah cara yang dapat dilakukan bila ingin anaknya tidur yang cukup dan berkualitas

Liputan6.com, New Delhi Tidur berkualitas dengan waktu yang cukup penting bagi seorang anak. Tidak hanya asupan makanan yang sehat dan aktivitas fisik saja, tidur juga penting bagi anak agar mereka senantiasa sehat, tumbuh, berkembang, dan mampu berprestasi di sekolah.

Dalam satu penelitian yang telah diterbitkan ke dalam Jurnal Sleep Health, seorang profesor di Pennsylvania State University, Orfeu Buxton, mengatakan, batasi waktu anak untuk bermain ponsel dan hindari pengonsumsian kafein berlebihan. Biasanya pada anak, kafein itu berasal dari teh.

Menurut peneliti, sebagian besar orangtua menyadari betapa pentingnya tidur yang cukup dan berkualitas bagi seorang anak. Namun 90 persen anak-anak tidak tidur dalam jumlah yang cukup. Alasan utamanya, karena penggunaan ponsel di sekitar mereka.

"Rutinitas tidur yang perlu dilakukan secara konsisten akan memperbaiki kualitas tidur seorang anak. Sedangkan penggunaan televisi di dalam kamar tidur, berkaitan erat dengan waktu tidur anak yang tidak cukup," kata dia melansir Times of India, Kamis (29/1/2015).

Orangtua juga harus mengetahui konsekuensi yang didapat seorang anak bila mereka kurang tidur. Seperti masalah perilaku, gangguan belajar dan di sekolah, cedera saat olahraga, bermasalah dengan suasana hati, dan sulitnya mereka mengontrol emosi. Parahanya, berisiko besar mengidap obesitas.

Buxton, mengatakan, waktu tidur yang baik bagi seorang anak adalah sembilan jam bagi anak-anak berusia enam hingga 11 tahun, dan delapan jam bagi anak-anak berusia 12 hingga 17 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini