Sukses

Tepis 6 Mitos Saat Cuci Buah dan Sayur

Simak mitos-mitos dalam mencuci buah dan sayur sebagai berikut:

Liputan6.com, Jakarta Meski kadang buah atau sayuran terlihat bersih, tapi bukan berarti bebas bakteri. Sebuah penelitian yang pernah dilakukan University of Maine menemukan kalau mencuci buah dan sayur sebelum dikonsumsi bisa menghilangkan 98 bakteri.

Seperti dikutip Newser, Senin (26/1/2015), simak mitos-mitos dalam mencuci buah dan sayur sebagai berikut:

1. Cuci buah dan sayur dengan air apa saja

Saat mencuci buah dan sayur, tidak bisa menggunakan air sembarangan. Memang, ketika dibilas air secara menyeluruh, bakteri pada buah dan sayur dapat hilang. Tapi syaratnya, harus menggunakan air keran. Kalau perlu, perhatikan kualitas airnya juga.

Atau bila ingin aman, buat saja sendiri dengan mencuci buah dan sayur menggunakan campuran cuka (perbandingannya 1 sendok teh cuka dan 3 gelas air). Tapi ingat, cuka bisa membuat rasa buah atau sayur berubah rasa atau tekstur.

2. Semua produk organik sudah pasti bersih
Banyak yang beranggapan, produk organik telah bersih dan tidak perlu dicuci. Ya, memang seluruh perusahaan berusaha untuk menjaga produknya bersih dan aman. Tapi jangan mudah percaya begitu saja. Pertimbangkan kontaminasi perjalanan maknaan dari kebun hingga ke toko.

3. Langsung makan sayuran segar yang baru dipetik

Bagaimanapun, risiko kontaminasi dalam tanah dan pupuk kandang olahan tetap ada. Sehingga mungkin ada baiknya untuk mencuci buah atau sayur yang baru dipetik kecuali jika Anda yakin kualitas tanah dan pengairan taman Anda.

4. Cuci 2-3 kali sayuran

Saat mencuci sayuran, tidak perlu mencuci 2-3 kali untuk menghidari bakteri berbahaya. Yang penting Anda perhatikan adalah mengangkat sayuran dan pindahkan ke wadah lain agar sayur bersih dan aman dikonsumsi.

5. Cuci segera saat tiba di rumah

Ketika Anda mencuci sayur dan buah kemudian menyimpannya, hal ini akan membuat mereka rusak lebih cepat. Jadi cucilah ketika Anda akan mengonsumsinya.

6. Semua kulit pada buah perlu dikupas

Saking takut terkontaminasi pestisida, banyak orang mengupas buah atau sayur. Ini tidak perlu. Gunakan saja sikat kecil untuk membersihkan kulit buah seperti apel dan sebagainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini