Sukses

Cara Dokter Gigi Tangani Pasien di Saat Sedang Ada Masalah

Cara Andy ketika menghadapi pasien saat dirinya memiliki masalah

Liputan6.com, Jakarta - Meski berprofesi sebagai dokter gigi, dokter ganteng drg. Andy Wirahadikusumah, Sp. Pros hanyalah manusia biasa yang tidak luput dari masalah yang terjadi di kehidupan sehari-harinya. Lantas, bagaimana cara Andy menangani situasi seperti ini ketika harus berhadapan dengan pasiennya?

"Sebagai dokter, harus bisa membedakan dan harus bertindak profesional. Masalah di rumah jangan dibawa-bawa ke pekerjaan," kata Andy saat berbincang bersama Health-Liputan6.com di SCTV Tower Lantai 14, Senayan City, Jakarta Pusat, ditulis Sabtu (24/1/2015)

Jangankan seorang dokter, lanjut Andy, profesi lainnya pun harus bisa melakukan hal yang sama. "Misalnya saja wartawan. Nggak mungkin dong karena masalah pribadi, lantas malas nulis artikel yang harus segera tayang? Nggak bisa juga `kan bilang `Lagi nggak mood, nih?`, lantas nggak menulis apa-apa," kata Andy menambahkan.

Bagi pria yang menjadikan Notes From Qatar dan Life is Beautiful sebagai buku paling digemari menganggap pasien adalah konsumen atau raja yang harus dilayani dengan sepenuh hati. Apalagi pasien tidak hanya sekali melakukan kunjungan. Sewaktu-waktu dia akan kembali lagi untuk melakukan perawatan lainnya.

"Dokter gigi itu promosinya dari mulut ke mulut yang berasal dari pasien. Ketika pasien nyaman dengan satu dokter, dia pun tidak akan sungkan merekomendasikannya ke keluarga atau teman. Jadi, penting menjaga hubungan yang baik dengan pasien," kata Andy.

"Kalau kita sebagai dokter malas-malasan karena sedang tidak mood, pasien juga tidak akan susah mencari dokter lainnya," kata Andy menambahkan.

Bila ini sampai terjadi, terang Andy, penghasilannya sebagai seorang dokter pun akan terganggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.