Sukses

Waspadai, 2 Jenis Cacat Bawaan pada Bayi

Dua hal ini sebabkan bayi terlahir dengan cacat.

Liputan6.com, Jakarta Semua orangtua pasti menginginkan bayi lahir dengan normal dan sehat. Namun ada bayi-bayi yang lahir dengan sudah terdapat kelainan atau yang disebut cacat bawaan. Tak heran, banyak ibu hamil yang cenderung menjaga apa yang dilakukan dan dimakan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada janin yang mungkin bisa memengaruhi hidupnya kelak.

Menurut dokter Nurdadi, SpOG ada dua hal utama yang menyebabkan cacat bawaan bayi. Pertama, kelainan kromosom atau genetik. "Ini berasal dari sperma atau sel telur yang tidak baik yang membuat bayi terlahir dengan cacat. Tak dipungkiri dalam kehidupan ini ada yang baik ada yang tidak," terangnya saat dihubungi Health-Liputan6.com pada Rabu (21/1/2015).

Kedua, adanya infeksi. "Misalnya pada saat kehamilan terinfeksi virus rubella dan toksoplasma," ungkapnya.
Untuk bisa mengantisipasi hal tersebut menurutnya sangat penting untuk melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum menikah dan sebelum hamil. Hal ini penting untuk mendeteksi adanya hal-hal yang bisa jadi menyebabkan kelainan pada bayi kelak.

"Jangan sampai, saat datang ke dokter sudah hamil dan cacat pada bayi sudah terjadi," tanda s dokter Nurdadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini