Sukses

Stem Cell Bisa Atasi Radang Sendi

Selain dapat membantu dalam terapi penyakit seperti diabetes dan jantung, stem cell (sel punca) ternyata juga bisa mengobati radang sendi.

Liputan6.com, Jakarta Selain dapat membantu dalam terapi penyakit seperti diabetes, jantung dan sebagainya, stem cell atau disebut sel punca ternyata juga bisa membantu penyakit radang sendi atau Osteoarthritis.

Seperti disampaikan spesialis Bedah Orthopaedi dan Traumatologi yang berpraktik di Siloam Hospitals, dr. Herman Gofara, SpOT (K) MKes bahwa di luar negeri, penggunaan stem cell untuk pengobatan osteoarthritis telah dilakukan sejak lama. Dalam pengobatan biasanya paramedis juga menyertakan penggunaan plasma darah atau Platelet Rich Plasma (PRP) untuk mendukung kesembuhan.

"Penggunaan stem cell memang telah banyak digunakan. Prosesnya melalui pengambilan stem cel dan PRP yang nanti keduanya dimasukkan ke dalam sendi lutut. Cara kerjanya, dokter akan mengambil stem cell tipe multipotent yang sifatnya bisa langsung masuk ke sumber penyakit," kata Herman, di sela-sela Seminar Teknologi Stem Cell Autologus
Terkini untuk Kesehatan di Hotel Aryaduta, Jakarta, ditulis Minggu (18/1/2015).

Herman melanjutkan, dalam studi kasus sebelumnya ada 2 pasien yang melakukan injeksi stem cell karena menderita osteoarthritis. Tapi hasilnya, ternyata satu pasien sembuh sedangkan lainnya hanya sedikit merasakan efeknya. Setelah diteliti, ternyata pasien yang pulih derajat osteoarthritisnya tidak terlalu parah dari pasien satunya.

"Stem cell akan lebih baik dilakukan secara dini untuk membuat tulang rawan kebal sehingga meminimalisir risiko cedera. Hasil pengobatan stem cell sangat tergantung pada kondisi pasien. Semakin berat kondisinya, risiko gagal juga lebih tinggi," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Radang sendi atau artritis, merupakan nyeri di daerah persedian akibat peradangan yang terjadi di celah sendi atau jaringan sekeliling sendi

    radang sendi

  • Stem Cell