Sukses

Cara Efektif Cegah Radang Sendi

Selain menjaga pola hidup sehat, penting bagi kita untuk tetap bergerak. Orang yang malas bergerak berujung radang sendi.

Liputan6.com, Jakarta Selain menjaga pola hidup sehat, penting bagi kita untuk tetap bergerak. Bukan tanpa alasan, sebab orang yang malas bergerak akan membuat massa tulang berkurang hingga berujung pada radang sendi atau osteoarthritis.

Untuk mencegah osteoarthritis ini, spesialis Bedah Orthopaedi dan Traumatologi yang berpraktik di Siloam Hospitals, dr. Herman Gofara, SpOT (K) MKes menyarankan pasiennya untuk berlari. Karena menurutnya, lari dapat mencegah berbagai penyakit, seperti:

1. Mencegah Obesitas

Menurut Herman, 50 persen kasus osteoarthritis terjadi pada mereka yang gemuk dan didominasi wanita. Meski berkaitan dengan hormon wanita yang mengalami fase hamil dan melahirkan, namun kata dia, hal ini bukan alasan karena gemuk bisa dicegah dengan tetap beraktivitas.

2. Mencegah diabetes

Hebatnya lari, kata Herman, selain membuat tubuh kita menjadi lebih bugar kita juga bisa berinvestasi untuk mencegah diabetes.

3. Mencegah penyakit jantung

Dengan berlari, maka secara tidak langsung akan melatih kekuatan denyut jantung. Bila jantung kuat maka kita bisa dapat mencegah pembunuh nomor satu di dunia ini.

4. Mengurangi depresi

Tak hanya menjaga kesehatan secara fisik, berlari juga dapat mengurangi depresi yang berujung pada sumber penyakit.

5. Tulang lebih baik

Semakin kita bergerak, kekuatan tulang juga akan lebih baik. Herman mengatakan, dengan bergerak, kita dapat mencegah risiko radang sendi atau osteoarthritis yang sulit disembuhkan karena menyangkut tulang rawan.

Herman menambahkan, berlari memang disarankan untuk menjaga kesehatan. Tapi dia sendiri tidak menyarankan orang biasa untuk berlari layaknya profesional. "Berlarilah secara rutin (moderate) untuk hidup lebih baik. Sebab berlari terlalu berlebihan juga tidak baik karena akan meningkatkan risiko cedera dan kerusakan pada tulang rawan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Radang sendi atau artritis, merupakan nyeri di daerah persedian akibat peradangan yang terjadi di celah sendi atau jaringan sekeliling sendi

    radang sendi

Video Terkini