Sukses

Usia 104 Tahun, Nenek Freda Belum Beruban

Freda Taylor seorang nenek yang pekan lalu berulang tahun ke 104 menyatakan belum pernah menemukan satu uban di rambutnya.

Liputan6.com, Jakarta 'Memasuki usia 40 tahun biasanya satu-dua rambut sudah mulai berubah menjadi putih alias uban. Semakin usia bertambah, makin banyak uban yang ditemukan. Namun, Freda Taylor seorang nenek yang pekan lalu berulang tahun ke 104 menyatakan belum pernah menemukan satu uban di rambutnya.

Wajah perempuan asal Coventry ini sudah menunjukkan kerutan-kerutan yang jelas yang memperlihatkan usianya sudah banyak. Namun, wajahnya tampak lebih muda dari usianya karena rambutnya masih cokelat alami. Tanpa pengecatan, warna rambutnya masih sama dengan beberapa puluh tahun lalu meskipun ia juga dilanda stres karena melewati masa-masa dua perang dunia dalam hidupnya.

Banyak orang yang penasaran dengan apa yang dilakukan Freda agar rambutnya tak memutih. Jawabannya pun bukan perawatan mahal yang menghabiskan dana melainkan hanya dengan menjalani gaya hidup sehat sejak kecil.

"Rambut saya tetap sehat sepanjang hidup saya karena tidak merokok dan tidak minum alkohol di klub-klub malam," ungkapnya seperti dilansir Parentdish, Senin (19/1/2015).

"Saya ingat, bagaimana ayah melarang tegas saya dan saudara-saudara saya untuk tidak merokok. Saya mengikutinya dan tidak pernah melanggar larangannya. Selain itu saya tidak pernah banyak minum minuman beralkohol, " tambah perempuan delapan bersaudara ini.

Selain, memiliki rambut tanpa uban, daya ingatnya pun masih bagus. Ia bisa mengingat apa yang terjadi padanya seratus tahun silam saat terjadi perang dunia. "Saya ingat ketika tidak sengaja mendengar ayah mengatakan kepada seseorang di pantai bahwa baru saja ia mendengar di radio bahwa kita sedang berperang," cerita Freda yang lahir pada tahun 1911 ini.

Freda pun masih ingat kapan ia menikah. Pernikahan dengan suaminya bernama Gordon dilakukan sebelum perang dunia kedua dimulai. Sepanjang perang Freda tetap bekerja di Hinkley Building Society.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.