Sukses

Tombol `Home` di Ponsel Paling Banyak Kumannya

Ponsel sering dibawa orang kemana-mana. Padahal, ponsel itu begitu kotor apalagi di tombol Home.

Liputan6.com, Jakarta ​Telepon seluler (ponsel) sering dibawa orang kemana-mana. Padahal, ponsel itu begitu kotor apalagi di tombol Home. Ada banyak bakteri yang tersimpan di dalamnya dan itu cukup berbahaya.

Sekelompok mahasiswa dari University of Surrey mencelupkan ponsel mereka ke cawan petri dan melihat pertumbuhan bakteri.

Hasilnya, tombol Home menjadi tempat bakteri terbanyak. Dan kuman yang ada di ponsel bukan punya Anda sendiri. Perangkat yang sebagian besar kita pegang itu juga membawa bakteri orang lain atau dunia di sekitar kita.

Seperti dilansir News.au Jumat (16/1/2015) bakteri menggunakan segala hal sebagai vektor mengirimkannya seperti serangga, air, makanan, batuk dan bersin, atau kontak seksual.

Banyak ponsel yang digunakan dalam proyek itu memperlihatkan bercak terbesar dan paling jelas yang merupakan pertumbuhyan bakteri di sekitar tombol Home.

Sebagian besar bakteri tidak berbahaya, tapi menjijikkan. Dan beberapa bakteri pembawa penyakit seperti Staphylococcus aureus telah muncul di tahun-tahun sebelumnya ketika kampus melakukan percobaan.

Dr Simon Park, dosen yang melakukan peneliti tahunan universitas mengatakan, ponsel menyimpan catatan kontak pribadi, apa yang orang sentuh.

"Saya meminta murid saya memasukkan ponsel mereka ke dalam petri pertumbuhan bakteri sehingga kit abisa menentukan apa yang mereka mungkin bawa," kata Dr Park, yang merupakan dosen Molecular Biology.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.