Sukses

5 Cara Kendalikan Pemberian ASI di Kantor

kendala yang dihadapi ibu pekerja ketika akan memberikan ASI

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah kendala dihadapi oleh para ibu pekerja yang memutuskan untuk memberikan air susu ibu (ASI) eksklusif kepada sang bayi. Mulai dari minimnya tempat untuk memerah ASI, hingga tempat untuk menaruh hasil perahan sebelum dibawa pulang.

Meski semua orang, termasuk atas kita, sudah mengetahui bahwa menyusui begitu penting bagi ibu dan anak, tetap saja hal-hal seperti di atas jarang sekali diperhatikan.

Berikut ini cara mengatasi pemberian ASI bagi ibu pekerja, seperti dikutip Boldsky, Rabu (14/1/2015).

1. Beritahu atasan

Memberitahu atasan bahwa Anda telah memiliki anak adalah hal pertama yang harus dilakukan. Dengan begitu, atasan harus tahu bahwa Anda harus terhindar dari stres, dan mendapatkan satu tempat yang layak untuk memerah ASI.

2. Ruangan pribadi

Diperlukan satu ruangan khusus untuk memerah ASI lengkap dengan kunci, agar orang lain tidak dapat masuk seenaknya. Sebab, memerah ASI tidak boleh dilakukan di toilet, karena dapat mencemari susu.

3. Lemari es harus bersih

Pastikan bahwa lemari es di kantor Anda dalam keadaan bersih, dan pastikan juga suhunya sesuai.

4. Waktu istirahat

Mintalah kepada atas waktu luang untuk memerah ASI, jangan hanya saat jam istirahat saja. Dan berikan pengertian kepada atasan Anda bahwa memerah ASI tidak dapat dilakukan dalam waktu yang sebentar.

5. Usahakan rileks

Pastikan bahwa Anda dalam keadaan rileks ketika memerah ASI di tempat kerja. Usahakan untuk menyelesaikan tugas sebelum Anda memerah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.