Sukses

Cara Cegah agar Selangkangan Tak Merah

Selangkangan gatal dan memerah, inilah penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta Selangkangan pria rentan terkena intertigo, suatu kondisi di mana kulit menjadi merah dan sakit. Sebagian dari kita mungkin pernah mengalami kondisi ini dan bertanya-tanya apa penyebab yang membuat rasa gatal tak hilang juga selama beberapa hari.

Konsultan Dermatologi di Whittington Hospital and the Harley Street Dermatology Clinic, London, Adam Friedmann, mengatakan, intertigo terjadi disebabkan oleh kombinasi eksim, iritan seperti keringat, dan sedikit infeksi jamur yang biasa tumbuh di daerah lembab.

"Kondisi ini disebut dengan jock itch (gatal atlet), karena orang yang gemar berolahraga banyak yang rentan terhadap kondisi ini, terutama menyerang atlet pria yang berolahraga di musim panas," kata Adam seperti dikutip Daily Mail, Rabu (14/1/2015).

Untuk mencegah atau mengurangi gejalanya, Adam selalu menyarankan kepada pasiennya untuk mengenakan celana yang terbuat dari bahan-bahan yang dapat menyerap keringat, seperti katun yang dapat menyerap keringat.

Professor of Urology di Royal Surrey Country Hospital, Guildford, Christopher Eden, menjelaskan, celana dalam yang terbuat dari bahan yang kurang menyerap keringat seperti sutra, nilon, dan Lycra akan memperburuk kondisi ini, terlebih bila celana dalam tersebut ketat. "Karena testis berdekatan dengan tubuh," kata dia menerangkan.

Lebih lanjut Eden, menjelaskan, karena testis umumnya hangat dan berkeringat, selangkangan bisa menjadi sarang jamur karena dalam kondisi yang hangat dan lembab.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini