Sukses

Nyandu Selfie Tanda-tanda Psikopat?

Sebuah penelitian mengungkapkan kalau orang-orang yang sering selfie merupakan tanda-tanda psikopat

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Ohio State University mengungkapkan kalau orang-orang yang sering selfie merupakan tanda-tanda psikopat. Karena mereka cenderung memiliki karakter narsis, impulsif, dan kurang empati.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Personality and Individual Differences ini juga menggambarkan karakter psikopat yang ditandai dengan impulsif dan kurangnya empati. "Mereka selalu ingin melihat dirinya sendiri dan tidak berpikir kalau hal tersebut bisa mengganggu," kata asisten Profesor Komunikasi, Jesse Fox, pada Dailymail, Kamis (8/1/2015).

Dalam menemukan hasil studi ini, peneliti tidak sembarangan karena mereka melakukan survei terhadap 800 orang berusia antara 18 dan 40 tahun. Mereka diminta mengisi kuesioner psikologis yang menentukan ciri-ciri kepribadian termasuk pertanyaan seberapa sering memasang foto selfie di media sosial.

Yang lebih menarik, mereka memiliki skor tinggi pada ciri kepribadian anti sosial, psikopati, dan lebih rentan terhadap diri objektifikasi.

"Kebanyakan orang tidak berpikir bahwa pria malas melakukan hal semacam itu, tetapi mereka yang narsis pasti melakukannya. Padahal kita tahu kalau keegoisan itu dapat menyebabkan banyak hal-hal buruk, seperti depresi dan gangguan makan pada wanita. Tapi tidak ada yang bisa disalahkan, karena semua ini muncul dari meningkatnya penggunaan jejaring sosial, dan semua orang jadi lebih peduli dengan penampilan mereka," kata Fox.

Salah satu psikiater terkemuka di London, Dr David Veale mengatakan, dua dari tiga pasiennya yang sering selfie menderita dismorfik Disorder (penyakit mental kronis). Penderita penyakit ini dapat menghabiskan berjam-jam hanya untuk mengambil gambar yang tidak menunjukkan cacat atau kekurangan dalam penampilan mereka.

Dalam satu kasus ekstrim, terjadi pada seorang remaja Inggris yaitu Danny Bowman yang mencoba bunuh diri karena dia tidak puas dengan foto selfies yang diambilnya sendiri. Dia begitu putus asa untuk menarik perhatian anak perempuan, dan menghabiskan 10 jam sehari mengambil lebih dari 200 selfies.

Dalam sebuah artikel Psychology Today, psikolog, Dr Pamela Rutledge juga mengatakan kalau selfie sering memicu persepsi memanjakan diri atau mencari perhatian sehingga mengakibatkan ketergantungan sosial yang membahayakan diri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini