Sukses

Olahraga yang Cocok untuk Ibu Hamil

Olahraga yang dapat dilakukan selama hamil

Liputan6.com, Jakarta Olahraga selama masa kehamilan memiliki efek baik bagi kesehatan ibu dan si jabang bayi. Tak perlu kelas khusus. Olahraga paling `murah` pun dapat dilakukan. Efek yang dirasakan juga akan sama.

Melansir Baby Centre, Kamis (8/1/2015), olahraga seperti jalan cepat, berenang, dan bersepeda merupakan yang dianjurkan untuk dilakukan selama masa kehamilan. Bila divariasikan dengan yoga dan pilates, manfaat yang semakin besar akan dirasakan oleh ibu hamil.

Hanya saja, untuk berlatih yoga dan pilates, harus di bawah bimbingan khusus ahlinya yang berpengalaman dalam mengajar ibu hamil.

Para ahli menyarankan untuk memvariasikan jenis latihan yang akan dilakukan. Sebagai contoh memvariasikan latihan aerobik, seperti berenang atau berjalan dengan olahraga seperti yoga dan piletas. Latihannya pun tak perlu lama, cukup 30 menit yang penting dilakukan dengan intensitas sedang, dan minimal dilakukan empat hari selama seminggu.

Kalau para ibu masih beranggapan kegiatan itu memberatkan, cobalah aktivitas sederhana lainnya seperti berjalan atau naik turun tangga di rumah, atau melakukan pekerjaan rumah tangga.

Atau, para ibu dapat membeli DVD olahraga untuk ibu hamil, yang dapat dilakukan di rumah ketika waktu lengang.

Namun, para dokter menyarankan untuk tidak lagi bersepeda saat usia kandungan memasuki trimester kedua, akan berisiko jatuh dan terlempar dari sepeda. Selain itu, olahraga seperti kuda-kuda, ski air, skating harus dihindari selama kehamilan. Apalagi olahraga yang terlalu banyak gerak seperti tenis dan squash.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.