Sukses

Jangan Biarkan Anak Main Ponsel Sebelum Tidur

Terpapar tablet maupun ponsel pintar (smartphone) sebelum tidur bisa kurangi jumlah tidur anak.

Liputan6.com, New York Anak usia Sekolah Dasar (SD) zaman sekarang sudah begitu akrab dengan ponsel pintar (smartphone). Mereka bahkan sudah akrab dengan aneka peralatan canggih komunikasi ini. Namun, Anda para orangtua juga harus memberi batasan kepada anak kapan saja menggunakan peralatan tersebut. Salah satunya, jangan biarkan mereka mengakses tablet dan smartphone sebelum tidur.

Anak-anak yang mengakses tablet atau smartphone di kamar sebelum tidur akan memiliki waktu tidur yang berkurang dibandingkan mereka yang tidak menggunakannya menurut studi yang dipublikasikan dalam jurnal Pediatrics.

Bahkan, terpapar gadget canggih sedikit lebih buruk dibandingkan televisi. Penelitian ini melibatkan sekitar dua ribu siswa sekolah kelas 6 SD dan 2 SMP pada tahun 2012-2013 ini.

Seperti diberitakan laman NY Daily News, Selasa (1/6/2015), anak yang terpapar smartphone atau tablet sebelum tidur jumlah tidurnya lebih sedikit 21 menit dibandingkan mereka yang tidak bermain dengan gadget. Sedangkan mereka yang menonton TV sebelum tidur, waktu tidur lebih sedikit 18 menit dibanding anak-anak yang tidak memiliki televisi di kamar.

"Kehadiran layar sebelum tidur ternyata sangat terkait dengan waktu tidur. Temuan ini memberikan peringatan kepada orangtua tentang pentingnya akses terbatas akan hadirnya layar (baik gadget dan televisi) di kamar tidur," ungkap pemimpin studi ini dari University of California, Berkeley School of Public Health, Jennifer Falbe.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.