Sukses

5 Kebiasan yang Bikin Payudara Wanita Kendur

Selain berbagai fase kehidupan perempuan, beberapa kebiasaan pun bisa sebabkan payudara tak lagi kencang alias turun.

Liputan6.com, New York- Tiap wanita pasti menginginkan payudara yang kencang dan padat hingga tua. Namun berbagai fase kehidupan membuat keinginan tersebut tidak bisa terwujud. Payudara pun bisa menurun akibat melahirkan bayi dan menyusui.

Semakin tua usia wanita pun otomatis membuat elastisitas kolagen, yaitu jaringan ikat di bawah kulit menurun, menyebabkan payudara pun ikut kendur dan melorot. Bahkan, menurut penelitian di UCLA menemukan bahwa jaringan payudara bisa kendur lebih cepat dua hingga tiga tahun lebih cepat dibandingkan jaringan lain.

Coba perhatikan pula bagaimana payudara ibu Anda, Faktor genetika pun berpengaruh terhadap kecenderungan payudara menurun.

Namun selain beberapa faktor ini, beberapa kebiasaan ternyata berpengaruh terhadap kekencangan payudara wanita. Bahkan, ada beberapa kebiasaan yang dirasa tidak ada kaitannya malah bisa membuat hal yang tidak diinginkan tersebut terjadi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Beberapa kebiasaan

Dilansir Prevention, Senin (5/1/2015) berikut lima kebiasaan yang buat payudara Anda tak lagi kencang.

1. Berat badan tidak stabil
Bagi Anda yang mengikuti diet tertentu jalani dengan konsisten. Jika terjadi turun naik berat badan berulang kali bisa berdampak pada jaringan payudara Anda. "Setiap kali tubuh mengalami turun dan naik berat badan, jaringan payudara jadi lebih kendur," terang ahli bedah payudara dan presiden American Society for Aesthetic Plastic Surgery, Michael Edwards, MD.

2. Merokok
Banyak fakta yang menemukan dampak buruk dari merokok. Menurut Edwards, merokok membuat usia kulit berkurang karena asupan suplai darah ke permukaan kulit berkurang.

3. Tidak menggunakan tabir surya
Terkena sinar matahari tanpa menggunakan tabir surya bisa memunculkan keriput dini, hal yang sama pun terjadi pada kulit payudara Anda.

3 dari 3 halaman

Tidak menggunakan bra

4. Tidak menggunakan bra yang tepat
Penggunaan bra harus disesuaikan dengan aktivitas yang Anda lakukan, jika sedang olahraga dan pakai bra sehari-hari bisa membuat aset wanita Anda kendur. "Semakin payudara terpental, semakin membuat kulit stres dan kolagen berkurang," ungkap Edwards.
Selain itu, pastikan ukuran bra yang Anda kenakan tidak kekecilan maupun kebesaran agar mampu menopang payudara secara pas.

5. Olahraga terlalu sering
Meskipun belum ada penelitian yang mendukung hal ini, beberapa ahli mengatakan gerakan berulang pada saat olahraga membuat kerusakan kolagen pada payudara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini