Sukses

Dua Penyebab Luka Paling Banyak di Tahun Baru

Dua hal identik tahun baru ini malah bisa mencederai Anda di malam tahun baru.

Liputan6.com, New York- Pesta tahun baru bisa dikatakan sebagai pesta terbesar yang dirayakan secara meriah oleh seluruh warga dunia. Pergantian malam tahun baru banyak diisi dengan acara berkumpul dan pesta. Sayangnya tidak semua berakhir dengan kebahagiaan.

Beberapa hal yang identik dengan tahun baru malah memicu terjadinya hal yang tidak menyenangkan. Dilansir dari Time, Kamis (1/1/2015) berikut dua benda yang bisa mencederai orang yang terlibat di dalamnya.

1. Kembang Api
Merayakan tahun baru tanpa adanya kembang api itu rasanya tidak meriah. Namun tahukah Anda bahwa banyak orang yang terluka akibat kembang api. Di Amerika Serikat sendiri terdapat 11.000 orang terluka karena kembang api, delapan diantaranya luka berat.

Oleh karena itu pastikan untuk menyalakan kembang api dengan memerhatikan petunjuk penggunaan. Lalu, jangan membiarkan anak-anak menyalakan kembang api. Banyak anak balita yang mengalami cedera karena kembang api paling tinggi dibandingkan usia lain.

2. Minuman keras dan kecelakaan
Pada beberapa kalangan masyarakat, minuman beralkohol tak dapat dipisahkan dari perayaan pesta malam tahun baru. Beberapa diantaranya mabuk sehingga pada saat pulang dari pesta tidak bisa fokus membawa kendaraan. Di Amerika Serikat sendiri 10.000 orang meninggal setiap tahun saat mengendarai mobil karena mabuk.
Selain mabuk, berlebihan mengonsumsi alkohol bisa menyebabkan kematian. Ketahui level aman dalam mengonsumsi minuman beralkohol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.