Sukses

6 Diet Seimbang untuk Cegah Asam Urat

Diet ini dapat digunakan untuk cegah asam urat

Liputan6.com, Jakarta Individu yang ingin terhindar dari asam urat, dianjurkan untuk melakukan diet sehat dan seimbang. Misalnya dengan cara menghindari mengonsumsi jeroan, yang mana makanan itu merupakan sumber penyebab meningginya kadar asam urat.

Ada pun diet jenis lainnya yang dapat dilakukan agar terhindar dari asam urat adalah sebagai berikut, seperti dikutip dari Mayo Clinic, Sabtu (3/1/2015)

1. Batasi konsumsi daging

Daging, unggas, dan ikan mengandung purin yang cukup tinggi. Oleh karena itu, batasi dalam pengonsumsiannya, dan hanya diperbolehkan untuk menyantapnya dengan takaran 4 sampai 6 ons atau 113 sampai 170 gram setiap hari.

2. Kurangi lemak

Lemak jenuh dapat menurunkan kemampuan tubuh menghilangkan asam urat. Pilihlah protein nabati seperti kacang-kacangan dan polong-polongan, dan rendah lemak atau produk susu non-lemak untuk mengurangi jumlah lemak jenuh di kehidupan sehari-hari kita.

3. Hindari alkohol

Mengonsumsi alkohol, terutama bir, telah dikaitkan dengan asam urat. Boleh saja meminum segelas bir atau wine, asal sesuai takaran 148 mililter sehari.

4. Hindari makanan yang tinggi fruktosa

Fruktosa adalah satu-satunya karbohidrat yang kenal dapat meningkatkan asam urat. Hindarilah mengonsumsi jus dalam kemasan, kecuali jus dari buah segar yang tidak ditambahkan gula sama sekali.

5. Pilihlah karbohidrat kompleks

Mengonsumsi gandum utuh dan buah-buahan serta sayuran dan karbohidrat olahan yang lebih sedikit.

6. Minum banyak cairan

Cairan diketahui dapat membantu menghilangkan asam urat dari tubuh. Minumlah 8 sampai 16 gelas sehari, atau 237 militer sehari.

Yang gemar meminum kopi, dapat meminumnya 4 sampai 6 cangkir kopi sehari, karena dapat menurunkan risiko asam urat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini