Sukses

Air Ludah Obati Jerawat, Manjurkah?

Ada satu cara sederhana menyingkirkan jerawat yakni dengan mengoleskan air ludah. Manjurkah?

Liputan6.com, New York Beberapa rahasia kecantikan bisa sangat mengejutkan. Termasuk dalam menyingkirkan jerawat yang membandel. Seseorang bisa melakukan berbagai cara untuk mengobatinya mulai dengan mengompres jerawat dengan es, membuat smoothie lalu dioleskan ke wajah, atau menggunakan ampas kopi sebagai exfoliate. Tapi, ada satu cara sederhana yakni dengan mengoleskan air ludah (saliva).

Anda tentu berpikir ludah itu kotor dan banyak bakterinya, tapi apabila cara murah itu memang benar-benar bisa menyingkirkan jerawat mengapa tak dicoba?

Kristin Collins Jackson dalam situs Bustle menceritakan ia mendapat resep murah itu dari seorang sopir taksi. Menurutnya, ludah menjadi obat jerawat populer yang digunakan di negaranya selama lebih dari 2.000 tahun.

Dokter Kuno obat-obatan China menyimpulkan ludah dan darah itu bersaudara di dalam tubuh dan mereka datang dari asal yang sama.

Jackson mengatakan, tak hanya komponen utama dalam mengobati jerawat, ludah ketika sangat asam bisa mengeringan jerawat dengan cepat dan memproses penyembuhan.

Ia menjelaskan, ludah pada pagi hari merupakan yang paling murni. "Hal pertama yang saya lakukan ketika saya bangun adalah mengoleskan ludah saya langsung ke jerawat.

"Saya sangat menyadari karena ludah mengandung bakteri dan sangat asam, itu bisa membuat jerawat saya lebih buruk, tapi saya bersedia mengambil risiko."

Jackson mencoba mengoleskan ludah ketika jerawatnya masih belum pecah. Ia ragu apabila mencobanya pada jerawat yang sudah terluka meski katanya ludah bisa menyembuhkan luka.

"Saya mengoleskan ludah saya sendiri di wajah saya selama 15 menit, menghindari kontak dengan teman sekamar, cermin, dan kemudian saya melanjutkan rutinitas kulit di pagi hari. Keesokan paginya, saya melihat jerawat saya mengering dan lebih kecil dibanding sebelumnya.

"Mungkin ini efek plasebo tapi apapun itu, saya tak ingin mengakhirinya. Saya menambahkan ludah saya dengan madu mentah dan pala serta memijat ke seluruh wajah," katanya.

Jackson mengakui, pengobatan yang dilakukannya dengan ludah itu tak membuat jerawatnya semakin buruk.

Air liur diproduksi dan disekresi dari kelenjar ludah. Kelenjar ludah merupakan sekelompok sel yang disebut asinus. Sel-sel ini mensekresikan cairan yang mengandung air, elektrolit, lendir, dan enzim.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ludah Bisa Sembuhkan?

Ludah Bisa Sembuhkan


Memang, sudah banyak penelitian yang membahas tentang air liur atau ludah. Air liur memiliki sifat penyembuhan yang luar biasa serta menyediakan pertahanan untuk kekebalan tubuh. Alhasil, obat yang ideal untuk jerawat adalah menggunakan zat yang benar-benar alami.

Seorang Ahli Air Liur dan Direktur Dental Research Institute di University of California Los Angeles menjelaskan, ludah berisi sel-sel kekebalan tubuh, protein antimikroba, dan antijamur, serta faktor pertumbuhan yang memicu penyembuhan luka.

"Ada nilai obat dalam ludah yang tak dihargai," kata Wong seperti dilansir BostonGlobe.

Tapi, ada sifat tandingan di balik penyembuhan dengan air liur. Ketua Biologi Mulut Frank Oppenheim di Boston University Henry M mengatakan, luka bisa berpotensi mengalami infeksi. Air liur yang bisa menyembuhkan bisa membawa penyakit bila terkena luka terbuka pada kulit. Ini karena di dalam air liur ada kandungan bakteri hidup di mulut yang sangat berbeda dengan bakteri yang biasanya ditemukan di kulit.

"Apabila Anda membawa banyak bakteri mulut di kulit, kulit mungkin tak memiliki ketahanan untuk mengatasi infeksi, terutama sesuatu yang lebih dari luka bakar," kata Oppenheim.

Lantas apakah mencoba ludah sendiri untuk menyingkirkan jerawat benar-benar ide gila? Semua tergantung pilihan Anda.



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini