Sukses

Cara Baru untuk Berhenti Merokok

Peneliti menemukan satu bahan alami lagi yang efektif untuk membantu seseorang berhenti merokok. Bahan tersebut bernama cytisine.

Liputan6.com, Jakarta Para peneliti menemukan satu bahan alami lagi yang lebih efektif untuk membantu seseorang berhenti merokok. Bahan tersebut adalah cytisine yang ditemukan dalam biji bunga hujan emas.

Dilansir dari Fox News pada Selasa (30/12/2014), para peneliti menemukan bahwa 40 persen dari perokok yang mengonsumsi pil cytisine selama 25 hari tidak pernah merokok sama sekali satu bulan kemudian.

Fungsi cytisine mirip dengan nikotin. Saat zat tersebut dikonsumsi, dorongan untuk merokok pun menjadi hilang. "Meringankan dorongan untuk merokok," kata seorang peneliti.

Meskipun begitu, saat dikonsumsi cytisine ternyata menghasilkan efek samping. Dari hasil riset, 3 dari 10 orang yang menggunakan cytisine mengalami mual, gangguan fokus dan kurang tidur.

Meskipun menghasilkan efek samping, mereka yang telah mencoba khasiat zat ini mengaku akan merekomendasikannya kepada orang lain yang masih merokok. Hal ini tidak lain karena mereka merasakan manfaat yang cukup signifikan dari cytisine ini. 

Selain itu, terapi cytisine lebih murah dibanding dengan terapi-terapi sejenis. Terapi Nicotine Replacement Therapy (NRT) misalnya, menghabiskan biaya hingga US$ 100 sampai US$ 700 per delapan minggu. Sedangkan terapi menggunakan cytisine hanya membutuhkan biaya sekitar US$ 20 sampai US# 30 per 25 hari.

Sebagai informasi tambahan, bunga hujan emas (Galphimia Glauca) adalah tanaman bunga yang cukup indah dengan tinggi maksimal 1 meter. Dinamakan hujan emas karena tanaman ini tumbuh seperti semak tetapi memiliki bunga berwarna kuning emas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini