Sukses

Pilih Cemara Asli, Ini Caranya Agar Tumbuh Subur

Kurang lengkap rasanya jika dekorasi natal tanpa cemara.

Liputan6.com, Jakarta Pohon cemara tak bisa dipisahkan dari dekorasi Natal. Bagi umat nasrani yang merayakan, selain menghias pohon Natal plastik ada juga yang lebih suka dengan pohon cemara asli. Dari sekian banyaknya pohon cemara yang ada, mulai dari lilin, papua, norfolk, pohon cemara jenis afrika paling laris diburu pembeli.

Daun pohon cemara Afrika memiliki daun berduri memang yang kini jadi incaran para pembeli, tak heran disebut juga dengan cemara Natal. Sekitar 25 pohon cemara afrika dalam berhasil terjual di kios milik Rojak (45) yang berada di kawasan Jalan Gerbang Pemuda, Senayan, Jakarta.

"Semakin lama penjualan cemara Natal terus menurun, lebih banyak orang yang memilih pohon cemara plastik kayaknya," terang Rojak saat ditemui Liputan6.com pada Kamis (25/12/2014).

Kini masih terdapat beberapa pohon cemara Afrika dengan tinggi 1,5 meter hingga 3 meter dalam rentang harga Rp 400.000 hingga Rp 2.000.000. "Natal kan tinggal sebentar lagi, ya kita lihat saja apakah habis semua atau tidak," ungkap pria yang sudah berjualan tanaman selama 20 tahun ini.

Untuk menjaga agar pohon cemara tumbuh subur, Rojak mengingatkan agar rutin menyiram dua kali sehari dan pastikan mendapatkan sinar matahari. Jika beberapa bulan sesudah perayaan Natal, pohon cemara mulai tak tumbuh subur segera ganti media tanam yang terdiri dari sekam serta campuran tanah merah dan pupuk kandang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini