Sukses

Bila Mau Berbuat Amal Saat Tutup Usia, Ini Caranya

Mendonorkan mata, aksi kebaikan untuk membuat mata orang lain terbebas dari kebutaan.

Liputan6.com, Bandung Masih ada kebaikan yang bisa disumbangkan saat seseorang meninggal dunia yaitu dengan donor mata. Salah satu bagian mata yaitu selaput bening bernama kornea bisa digunakan untuk membantu orang yang masih hidup dengan kondisi kornea mata terganggu. Sayangnya, aksi donor mata merupakan hal yang tidak biasa dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

"Kornea mata itu transparan seperti kaca, ketika kornea berubah menjadi keruh akibat berbagai hal seperti infeksi, kelainan kongenital kornea harus diganti dengan kornea lainnya," terang Direktur Utama RS mata Cicendo Hikmat Wangsaatmadja kepada awak media di RS Mata Cicendo pada Rabu (17/12/2014).

Sayangnya orang Indonesia masih enggan untuk mendonorkan mata saat tutup usia. Jikapun ada, itu masih segelintir orang. Berbeda dengan masyarakat India dan Filipina yang memiliki antusias tinggi dalam mendonorkan matanya.

Oleh karena itu Hikmat pun menerangkan daripada mata ikut dikubur dalam tanah, didonorkan akan memiliki banyak manfaat. Di Indonesia sendiri angka kebutaan karena kornea mata sekitar tujuh persen dari jumlah mereka yang buta. "Saya yakin pendonor mata akan terus didoakan oleh mereka yang menerima donor mata tersebut," ungkap Hikmat.

Bagi Anda yang ingin mendonorkan mata, bisa menghubungi bank mata terdekat dari kota Anda."Mata minus maupun plus bisa diterima kok," ucap Hikmat.

Syarat utama memiliki niat dengan mengisi formulir bank mata disaksikan oleh keluarga, memiliki mata sehat, tidak memiliki penyakit tahunan dan infeksi seperti HIV dan hepatitis.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini