Sukses

Ini Sebabnya Bercinta Saat Menstruasi Tak Disarankan

Apa masalahnya bercinta saat menstruasi dari segi kesehatan?

Liputan6.com, Jakarta Bagi sejumlah pasangan, berhubungan intim saat wanita menstruasi mungkin dibenarkan walaupun tidak nyaman. Beberapa lainnya, menentang atas dasar agama. Jadi apa masalahnya bercinta saat menstruasi dari segi kesehatan?

Mengutip situs kesehatan di Inggris, NHS, paramedis ternyata telah memperhitungkan adanya beberapa risiko yang terkait dengan berhubungan seks saat menstruasi seperti misalnya HIV dan penyakit infeksi menular seksual (IMS).

"HIV dan IMS dapat dengan mudah ditularkan pasangan (baik dari wanita ke pria dan sebaliknya) bila wanita sedang menstruasi. Maka itu, untuk menghindari HIV atau IMS, Anda harus selalu menggunakan kondom saat berhubungan seks," tulis laporan tersebut, Senin (15/12/2014).

Yang menarik, Anda masih bisa hamil jika Anda berhubungan seks tanpa kondom selama periode ovulasi awal. Hal ini karena sperma dapat bertahan hidup di dalam tubuh wanita selama tujuh hari. "Meskipun resikonya kecil, itu bisa terjadi."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.