Sukses

Diagnosa Kanker Lebih Dini Tingkatkan Peluang Hidup Lebih Tinggi

Mestinya kita lebih sadar memeriksakan kesehatan lebih dini.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 70 Persen pasien Kanker yang datang Ke RS Dharmais telah masuk Stadium Lanjut dan telah datang dari berbagai pengobatan alternatif. Hal ini pula yang mestinya mengingatkan kita untuk memeriksakan kesehatan lebih dini.

Seperti diberitakan Mirror, Senin (8/12/2014), diagnosa lebih awal bisa membantu pemulihan penyakit kanker lebih cepat dibanding mereka yang terlambat.

Sebagai contoh, kanker usus besar jika ditemukan lebih awal akan meningkatkan peluang hidup hingga 74 persen. Jauh dibandingkan jika pasien datang terlambat pada stadium 4 misalnya, peluang hidupnya hanya 6 persen.

"Periksa tekanan darah, kolesterol , urine dan berat badan saja dapat membantu mendeteksi faktor risiko seperti penyakit jantung serta diabetes tipe 2," kata dokter umum, Dr Emma-Jane Down.

Masalahnya, menurut Emma, banyak pasien yang enggan memeriksakan diri karena malu dan takut apabila menyangkut benjolan di sekitar payudara atau kemaluan.

"Semua benjolan mestinya diperiksakan dengan dokter, termasuk kutil pada penis, vagina atau anus, bau mulut, bau badan, penis melengkung, ketombe, keringat berlebihan, rambut rontok, keputihan, bau kaki dan sebagainya. Gejala sepele ini bisa jadi pertanda penyakit akut," kata Emma.

Dalam beberapa kasus, Emma mengatakan untuk tidak abai bila ada gejala seperti benjolan di testis, benjolan di payudara, vagina, usus atau pencernaan, urine, hingga nyeri dada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.