Sukses

Gejala yang Pasti tentang Gagal Ginjal

Berikut sejumlah gejala tentang gagal ginjal yang harus diketahui

Liputan6.com, Jakarta Gagal ginjal adalah penyakit kronis di mana ginjal mengalami kerusakan secara progresif selama periode tertentu, sehingga ginjal tidak dapat bekerja secara optimal untuk melakukan berbagai macam fungsi yang penting.

Sejumlah individu percaya bahwa gagal ginjal selalu dikaitkan dengan sakit punggung. Padahal, sejumlah penderita ginjal kronis tidak memiliki gejala apa pun, terutama pada tahap awal penyakit ini.

Spesialis Ginjal dari Gleneagles Hospital, Singapura, Dr. Roger Tan, mengatakan, "Banyak yang tidak menyadari, dan mungkin merasa kondisi ginjal mereka dalam keadaan baik-baik saja, dan kemudian baru ketahuan menghadapi penyakit ginjal ketika berada pada tahap akhir."

Bahkan ketika pasien merasakan sejumlah gejala, lanjut Roger Tan, biasanya gejala tersebut kurang jelas dan tidak spesifik.

"Kelelahan merupakan gejala yang paling umum. Gejala yang kurang spesifik lainnya termasuk konsentrasi menurun, kehilangan nafsu makan, mual, badan gatal, kaki bengkak, buang air kecil menurun dan urin berbusa," kata Roger Tan ditulis Health-Liputan6.com pada Jumat (5/12/0214)

Dengan pengetahuan terhadapn tanda-tanda peringatan potensi adanya gagal ginjal dan mencari pengobatan dini, pasien mungkin dapat menghindari konsekuensi dari penyakit yang telah menelan korban jiwa sebanyak 30.013 jiwa.

Kita harus mengetahui kalau tidak sedikit dari organ dalam tubuh manusia yang bergantung pada ginjal, untuk berfungsi secara normal. Ginjal melakukan fungsi secara kompleks, yaitu menjaga kadar air dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh, dengan menjaganya tetap dalam keadaan seimbang.

"Ketika ginjal menjadi rusak oleh penyakit, organ lain di tubuh kita akan turut terpengaruh juga. Kurangnya kesadaran masyarakat akan penyakit ginjal, menyebabkan penyaki ini sering terabaikan," kata dia menekankan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.