Sukses

Mesti Tak Terbukti Mengandung Lilin, Mi Instan Ancam Kesehatan

Sejumlah studi tetap menyebutkan bahwa terlalu banyak konsumsi mi instan tetap tidak baik.

Liputan6.com, Jakarta Meski dugaan sejumlah orang terhadap kandungan lilin pada mi instan telah terbantahkan oleh pendapat beberapa ahli gizi, namun sejumlah studi tetap menyebutkan bahwa terlalu banyak konsumsi mi instan tetap tidak baik.

Seperti dikutip Womenshealthmag, Jumat (5/12/2014) kebiasaan mengonsumsi mi instan memang tidak bisa dihindari mengingat makanan ini termasuk mudah ditemukan dan murah. Tapi sayangnya, kebiasaan buruk ini ternyata menyimpan konsekuensi berbahaya bila berlebihan.

Sebuah studi diterbitkan dalam The Journal of Nutrition ini salah satunya yang menunjukkan bahwa konsumsi mie instan walaupun dimasak dua kali, dengan proses perebusan atau pemanasan menggunakan microwave sama-sama meningkatkan risiko  sindrom kardiometabolik, yang dapat menyebabkan penyakit jantung, diabetes, atau stroke.

"Kami menemukan bahwa mengonsumsi mi instan setidaknya dua kali seminggu terkait dengan 68 persen risiko tinggi sindrom metabolik khususnya di kalangan perempuan," ujar peneliti.

Para peneliti berpikir, peningkatan risiko ini kemungkinan karena mi instan mengandung kalori tinggi, karbohidrat olahan, lemak jenuh, dan kandungan natrium yang tinggi. 

"Perempuan mungkin rentan terhadap efek kesehatan negatif karena hormon estrogen mempengaruhi metabolik mereka. Misalnya, kimia Bisphenol A (BPA) yang ditemukan dalam wadah styrofoam sering digunakan untuk paket mie instan, dapat mengirimkan sinyal buruk pada estrogen," jelas peneliti.

Bagaimanapun, menurut peneliti, penelitian ini masih memiliki keterbatasan karena hanya menggunakan data gizi orang Korea Selatan yang sering mengonsumsi mi instan. "Sebenarnya bukan hanya mi instan, semua makanan kemasan sebenarnya perlu menjadi perhatian bila dikonsumsi berlebihan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini