Sukses

Dilarang Ngupil Pakai Jari Bila Anda Alergi

Ada cara lain yang lebih aman untuk membersihkan hidung dari upil.

Liputan6.com, Jakarta Kita terbiasa mengeluarkan lapisan kerak yang ada di dalam hidung yang akrab disebut dengan upil menggunakan jari. Sebenarnya cara ini tidak direkomendasikan oleh spesialis THT, terlebih bagi mereka yang memiliki riwayat alergi.

"Tidak boleh pakai tangan kalau mengupil nanti bisa lapisan hidung bisa luka," terang dokter spesialis THT dari Rumah Sakit dr. Rusdian Utama Roeslani di Jakarta pada Kamis (3/12/2014).

Pada orang yang memiliki alergi seperti alergi tungau, makanan, bulu binatang, lapisan mukosa (kulit) di hidung lebih tipis dibandingkan yang tidak memiliki alergi. Jika pakai tangan, risiko mukosa terluka lebih besar akibatnya akan terjadi infeksi pada hidung.

"Cara mengupil yang paling baik menggunakan cairan khusus yang dijual dalam botol-botol kecil. Bisa dibawa kemana-mana. Caranya pun gampang, tinggal disemprotkan ke hidung dengan agak menunduk," terang dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.  

Bisa juga dengan menggunakan cairan nasal saline. Sebuah larutan garam yang berisi 2 sendok teh garam dicampur 200 cc air. Ia pun menyarankan, bagi orang yang tidak alergi pun melakukan cara ini untuk membersihkan upil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini