Sukses

4 Makanan Cepat Saji Ini Dapat Rusak Gigi

Makanan `cepat saji` tidak hanya berdampak pada lingkar pinggang yang semakin lebar, melainkan juga dapat merusak kesehatan gigi kita

Liputan6.com, Jakarta Makanan `cepat saji` tidak hanya berdampak pada lingkar pinggang yang semakin lebar, melainkan juga dapat merusak kesehatan gigi kita. Berikut sejumlah makanan yang dapat merusak kesehatan gigi, seperti diungkapkan oleh seorang dokter gigi dari Harley Street's Elleven, Amerika Serikat, Dr. Sameer Patel, melansir laman Daily Mail, Kamis (7/11/2014)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makanan India dan Jepang



1. Makanan dari India dan Jepang

Selain teh dan kopi yang selama ini diketahui dapat menodai gigi kita, makanan berpigmen yang berasal dari bubuk kari juga dapat menyebabkan perubahan warna gigi. Gigi yang awalnya putih, secara perlahan akan menguning.

Sedangkan pada makanan yang berasal dari Jepang seperti sushi, kecap yang digunakan sebagai penambah rasa makanan dapat menghasilkan efek yang sama. Apalagi, kebanyakan gerai restoran sushi menggunakan kecap yang tidak dibikin sendiri.

Dia menyarankan, makanlah bayam atau brokoli sebagai hidangan pembuka karena dapat membentuk lapisan di atas gigi, dan rentan terhadap pewarnaan.

3 dari 4 halaman

Kebab



2. Kebab

Makanan berbahan utama daging telah dikaitkan dengan kesehatan rahang. Daging yang terlalu alot, berdampak pada rahang yang sakit, karena otot di mulut terus berkontraksi. Tak jarang, akan terasa nyeri, sakit kepala, dan sakit gigi dari waktu ke waktu.

Agar terhindar dari kondisi ini,  kunyahlah makanan secara merata.

3. Makanan khas Italia

Pizza dan pasta yang merupakan makanan dengan kandungan gula sederhana dapat menyebabkan lonjakan asam di mulut, dan ketika dikombinasikan dengan keasaman yang berasal dari buah tomat, dapat mengikis enamel gigi yang berujung pada sensitivas gigi itu sendiri.

Karena makanan ini cenderung akan menempel pada permukaan gigi, jangan lupa flossing setelahnya agar dapat mengangkat sisa-sisa kunyahan yang menyangkut di sela-sela gigi.

4 dari 4 halaman

Makanan Thailand



4. Makanan yang berasal dari Thailand

Sameer Patel, mengatakan, makanan yang berasal dari Thailand dengan kebanyakan kacang-kacangan dan biji-bijian yang digunakan dapat merusak enamel gigi.

Sebab, kacang-kacangan dan biji-bijian kecil cenderung terjebal di sela-sela gigi, sementara kebanyakan dari kita lupa untuk membilasnya, sehingga gula yang berasal dari kecap yang telah bercampur dengan semua bahan akan berdampak bagi enamel gigi, dan merugikan gigi Anda sendiri.

Sameer menyarankan, gunakan benang gigi setelah makanan, agar kacang-kacangan dan biji-bijian terangkut dari sela-sela gigi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.