Sukses

Bersihkan Hidung Bukan dengan Ngupil, Ini Caranya

Menurutnya salah satu cara aman membersihkan hidung dengan mencuci hidung menggunakan air

Liputan6.com, Jakarta Membersihkan lapisan kerak yang ada di dalam hidung atau mengupil terkadang merupakan aktivitas yang menyenangkan. Namun, dokter spesialis telinga hidung tenggorokan menyarankan untuk tidak membersihkan hidung menggunakan jemari.
 
"Jari bisa saja mengandung virus, saat mengupil berarti memindahkan virus masuk ke dalam tubuh," terang dokter spesialis THT Rusdian Utama Roeslani saat ditemui dalam acara Bebas Gangguan Hidung Tersumbat di Jakarta pada Rabu (3/12/2014).
 
Menurutnya salah satu cara aman membersihkan hidung dengan mencuci hidung menggunakan air. "Bagi orang Islam saat wudhu kan diminta untuk membersihkan hidung dengan air kemudian me. Dihirup kemudian dikeluarkan. Nah itu juga bisa jadi salah satu alternatif cara membersihkan hidung," terang dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini.
 
Selain itu, bisa juga dengan mengirigasi hidung menggunakan larutan garam. Cukup campurkan dua sendok teh garam ke dalam 200 cc air, lalu basuh hidung menggunakan larutan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini