Sukses

Segelas Anggur Sama Bahayanya dengan Tiga Gelas Vodka

Segelas anggur juga berbahaya, bahkan sama seperti menenggak tiga gelas vodka.

Liputan6.com, Jakarta Menenggak segelas anggur menjadi pilihan bagi mereka yang ingin minum dan berpesta, namun enggan untuk terlalu mabuk. Mereka beranggapan kalau segelas anggur masih jauh lebih baik ketimbang segelas vodka. Namun ternyata, segelas anggur juga berbahaya, bahkan sama seperti menenggak tiga gelas vodka. 

Bagaimana pun, baik anggur atau vodka adalah jenis dari minuman beralkohol. Dan saat ini, jenis minuman seperti ini telah menjadi pembunuh diam-diam bagi kebanyakan masyarakat dunia, tak terkecuali di Inggris.

Maka itu, National Health Service (NHS) memeringati untuk mengurangi atau menghentikan kebiasaan buruk ini agar terhindar dari kematian akibat penyakit yang berhubungan dengan alkohol, seperti penyakit hati dan jantung.

Duncan Selbie, Kepala NHS di Inggris, mengatakan, pada 2014 penyakit hati dan jantung meningkat sebesar 500 persen, di mana sejak tahun 70-an telah menjadi pembunuh terbesar ketiga bagi orang usia kerja di sana.

Dia juga, mengatakan, kalau penyakit hati dapat dicegah dengan menghentikan sejumlah faktor risiko,"Salah satu di antaranya adalah mengonsusmi alkohol. Sebab, segelas anggur sama bahayanya seperti menenggak tiga gelas vodka. Namun sayangnya, kebanyakan dari mereka yang memilih anggur tidak mengetahui telah minum berapa banyak gelas."

Melansir laman Daily Mail, Rabu (3/12/2014), Mantan Ketua Kelompok Penyalahgunaan Alkohol, Tracey Crouch merasa senang karena NHS turut berkonsentrasi terhadap kesehatan masyarakat yang berkaitan dengan minuman alkohol. Tracey beranggapan, tindakan ini sama dengan mendorong masyarakat untuk mengubah kebiasaan minum mereka. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini