Sukses

Hamil di Atas Usia 30 Tahun Bisa Bikin Awet Muda?

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa hamil di atas 30 tahun bisa membuat awet muda.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian menunjukkan bahwa hamil di atas 30 tahun dapat memperlambat proses penuaan, demikian seperti dikutip dari Dailymail, Selasa (2/12/2014).

Menurut penelitian ini, hal tersebut terjadi karena varian genetik yang membuat perempuan tetap subur lebih lama.

Studi ini menemukan bahwa perempuan yang memiliki anak terakhir setelah usia 33 tahun 2 kali lebih mungkin untuk merayakan ulang tahun ke-95, dibanding dengan mereka yang melahirkan terakhir kali pada usia 29.

Meskipun begitu, Dr Thomas Perls dari Boston University Medical Center selaku peneliti utama mengatakan bahwa hal tersebut bukan berarti perempuan harus menunda memiliki anak.

"Tentu saja ini tidak berarti perempuan harus menunggu untuk memiliki anak di usia tua dalam rangka meningkatkan peluang mereka sendiri untuk hidup lebih lama," katanya.

"Kemampuan alami untuk memiliki anak pada usia yang lebih tua mungkin menunjukkan bahwa sistem reproduksi perempuan lebih lambat untuk menua, dan begitu pula dengan tubuhnya," tambahnya.

Penelitian ini sendiri mengambil dan menganalisis data dari Long Life Family Study (LLFS). Investigasi dilakukan pada 551 keluarga yang memiliki banyak anggota keluarga yang memiliki umur yang panjang dan terlihat awet muda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.