Sukses

3 Cara Hentikan Kebiasaan Gigit Kuku

Kebiasaan menggigit kuku bisa sebabkan bakteri masuk ke mulut yang sebabkan penyakit. Redam kebiasaan buruk ini dengan tiga cara berikut.

Liputan6.com, New Delhi Baik anak kecil maupun besar banyak yang memiliki kebiasaan buruk menggigit kuku. Kebiasaan ini bermula saat kecil yang terus berlanjut hingga dewasa. Sayangnya, mereka yang gemar menggigit kuku tidak sadar hal ini menjadi kebiasaan.

Biasanya menggigit kuku sebagai upaya untuk mengatasi rasa stres, bosan, frustrasi ataupun kesendirian. Bagi Anda maupun anak yang gemar melakukan kebiasaan ini segara dihentikna. Kuku menyimpan bakteri yang bisa masuk ke tubuh, selain itu menggigit kuku juga menyebabkan jari tangan lecet.

Berikut tiga cara atasi kebiasaan gigit kuku seperti dilansir laman Boldsky pada Selasa (2/12/2014).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rutin rawat kuku

1. Rutin merawat kuku
Kuku yang rutin dipotong membuat Anda akan kesulitan menggigit kuku. Beda halnya dnegan kuku yang panjang. Bagi perempuan, bisa juga merawat kuku dengan mengecatnya.

2. Biarkan mulut dan tangan sibuk
Ajak tangan dan mulut selalu sibuk sehingga lupa dengan kebiasaan menggigit kuku. Untuk mulut, coba mulai suka mengonsumsi permen karet. Untuk tangan, coba saja hobi baru seperti merajut yang akan membuat tangan selalu sibuk.

3. Tutupi kuku dengan perban
Pasti ada salah satu kuku yang digemari untuk digigit. Pada kuku tersebut berikan perban pada kuku tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini